Alasan Korut Absen Pada Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Minggu, 9 Januari 2022
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Korea Utara (Korut) melalui komite Olimpiadenya melayangkan surat pemberitahuan berkenaan dengan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Korut dalam informasi terkininya, Jumat (7/1/2022) menyatakan tidak ikut dalam perhelatan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. Olimpiade Beijing tersebut berlangsung 4-20 Februari 2022.

Korut menyebut bahwa kebijakan ini diambil lantaran pandemi Covid-19 yang masih melanda negara tertutup itu. Korut juga menyebut bahwa pihaknya tidak ambil bagian dalam Paralimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Alasan pandemi juga menjadi pertimbangan Korut tidak ikut serta pada Olimpiade Tokyo 2020. Lihat Foto Beijing Daxing International Airport(aerotime.aero) Lantaran kebijakan itu, Komite Olimpiade Internasional (IOC) melarang Korut kut serta dalam Olimpiade.

“Korut gagal memenuhi persyaratan mengirimkan atlet-atletnya ke Olimpiade,” kata kebijakan IOC pada September 2021 yang dilansir dari Kompas.com (08/01/2022).

Namun demikian, kebijakan itu tak berlangsung lama.

IOC membuka kembali pintu bagi Korut.

Dalam pernyataannya itu, Korut juga menyalahkan Amerika Serikat yang melakukan boikot diplomatik terhadap Olimpiade Beijing ini.

Selain AS, ada Inggris dan Australia yang juga mengambil kebijakan boikot diplomatik. Terkini, Korut mengikuti Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018 di Korea Selatan. Saat itu, adik perempuan pemimpin Korut Kim Jong Un yang bernama Kim Yo Jong, hadir. (Uli)