Akhirnya Diungkapkan Apple, Ini Kapasitas Baterai iPhone 12 Series

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Sabtu, 31 Oktober 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Setelah spekulasi sejak lama, Apple akhirnya mengungkap kapasitas baterai dari iPhone 12 Series. Sudah jadi ‘tradisi’ bagi Apple untuk tidak terlalu berbagi lembar spesifikasi di acara peluncurannya, dan lebih fokus ke fitur utama.

Kali ini, Apple sedikit mereduksi kapasitas baterai di iPhone 12 untuk mengakomodir komponen antena 5G, modem, dan juga kamera yang lebih besar. Dimensinya pun sedikit mengecil ketimbang iPhone 11 series. Jadi nampak masuk akal kalau ukuran baterainya mengecil.

Meski demikian, Apple kali ini menyematkan layar OLED secara keseluruhan yang membuatnya lebih hemat baterai. Selain itu, prosesor 5 nanometer tentu lebih hemat daya. Optimasii aplikasi seperti streaming video, makin dimaksimalkan pula oleh Apple.

Melansir dari Merdeka.com (30/10/2020), Apple bahkan mengklaim kalau ketahanan baterai dari iPhone 12 series akan setara dengan iPhone 11 series yang telah terbukti punya ketahanan baik. Hal ini terkecuali iPhone 12 mini yang karena ukurannya kecil, tentu kapasitas baterai yang paling utama jadi korban.

Berikut kapasitas baterai dari iPhone 12 series:

  • iPhone 12: 2.815mAh
  • iPhone 12 mini: 2.227mAh
  • iPhone 12 Pro: 2.815mAh
  • iPhone 12 Pro Max: 3.687mAh

Tentang iPhone 12 Pro

iPhone 12 Pro dan Pro Max mengusung desain datar yang mengingatkan kita dengan desain iPhone 5, dipadu dengan tripel kamera yang ditambah dengan sensor LiDAR. Tak lupa, lengkap pula dengan konektivitas 5G.

iPhone 12 Pro mengusung bentang layar 6,1 inci, sedikit lebih besar ketimbang iPhone 11 Pro yang hanya 5,8 inci. Sementara iPhone 12 Pro Max mengusung bentang 6,7 inci, sedikit lebih besar dari generasi sebelumnya yang hanya 6,5 inci. Keduanya memiliki varian storage 128GB, 256GB, dan 512GB, serta empat warna yakni silver, graphite, gold, serta blue yang terbaru.

Sama juga seperti iPhone 12 reguler, iPhone 12 Pro dan Pro Max mengusung chipset terbaru A14 Bionic. Apple mengklaim bahwa performa CPU dan GPU naik 50 persen ketimbang A13. Apple juga menaikkan jumlah inti untuk Neural Engine menjadi 16.

Soal kamera, Apple menyematkan banyak sekali pembaruan, baik di hardware maupun software. Di kamera utama, terdapat sistem baru untuk stabilisasi optikal OIS yakni sebuah teknologi bernama sensor shift. Ini adalah stabilisasi yang diaplikasikan untuk sensor alih-alih lensanya. Sehingga, getaran dari rendah hingga tinggi seperti pergerakan tangan atau mobil bisa teratasi.

Selain itu terdapat sensor LiDAR yang dapat mempercepat autofokus di kondisi gelap, dan dapat mendapatkan kedalaman akurat meski dalam keadaan gelap. Tak cuma itu, sensor ini mendukung kreasi konten Augmented Reality.

Terdapat juga fitur bernama Apple ProRAW yang membawa fotografi profesional ke industri mobile, dengan mendukung komputasi canggih untuk format RAW.

Di sektor video, iPhone 12 Pro mampu merekam video Dolby Vision HDR dan mendukung 10-bit HDR video. Dengan ini, kamera iPhone 12 Pro dapat menangkap lebih dari 700 juta warna. Terlebih lagi, didukung stabilisasi optikal yang makin canggih, performa video dengan pergerakan akan sangat baik dan menyerupai digunakannya stabiliser seperti gimbal.

Di atas itu semua, iPhone 12 Pro dan Pro Max mengusung konektivitas 5G yang mampu mengunduh data dengan kecepatan 3,5Gbps. Penggunaan 5G sendiri akan disesuaikan secara cerdas oleh iPhone, sehingga jika tak terpakai, perangkat langsung berubah ke 4G untuk menghemat baterai. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: