Airin : Sumpah Pemuda Satukan Tekad dan Semangat Bangsa

Rabu, 28 Oktober 2015
loading...

Indolinear, Tangsel – Menyambut Hari Sumpah Pemuda ke 87, Kota Tangsel melaksanakannya dengan upacara bersama di Lapangan Cilenggang, Kecamatan Serpong pada (28/10/2015).
Ribuan pegawai dan organisasi kepemudaan ikut serta seperti Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Dalam upacara ini pemerintah kota Tangsel membagikan beberapa piagam kepada pemuda yang berprestasi salah satunya peserta Jambore Pramuka di Jepang beberapa waktu lalu.
Kegiatan upacara dimulai sejak 07.30 WIB, di hadiri Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), serta jajaran kepolisian dan TNI. Pelaksana kegiatan upacara Sumpah Pemuda  diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).
Kadispora, Chaerudin usai upacara mengatakan dalam momen sumpah pemuda ingin merubah pola pikir generasi muda saat ini.
“Dalam rangka hari sumpah pemuda kami mengajak kepada generasi muda untuk merubah pola pikir kedepan,” katanya dengan semangat.
Pentingnya melakukan perubahan karena disandarkan pada kenyataan generasi muda saat ini. Begitu banyak anak muda hilang ideologinya, mereka lebih memilih pragmatis dengan istilah lain ikut-ikutan orang lain. Padahal dengan cara ikut-ikutan maka tidak akan menjadi generasi muda yang kokoh.
“Harus mempertahankan jati diri sebagai generasi muda. Untuk menjaganya harus mempertahankan prinsip dalam hidup,” pesan katanya.
Ia berkeyakinan jika generasi muda saat ini memiliki karakter yang kuat, bangsa yang akan datang ada harapan cerah. Namun jika anak muda saat ini jauh dari moral dan wawasan kenegaraan dengan krisis jati diri maka rusaklah masa depan.
“Pemerintah memiliki tangung jawab besar membentuk generasi yang berdaulat, melalui pembinaan gerakan kepemudaan diharapkan mampu berkembang dengan baik,” tambah ia.
Sementara itu Walikota Tangsel Airin Racmi Diany dalam sambutannya mengatakan setiap kali memperingati hari sumpah pemuda yang terbayang perjuangan tanpa lelah. Para pemuda berjuang mendeklarasikan gagasan cemerlang tentang negara Indonesia.
“Bagi para pemuda Indonesia sumpah pemuda merupakan manifestasi kepeloporan dan kepedulian untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia,” kata Airin.
Lanjut Airin, Sumpah Pemuda telah membulatkan tekad semangat seluruh anak bangsa untuk berjuang dan tetap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dari perbagai upaya rongorongan terhadap disintegritas bangsa. Maka harus bertekad dengan kuat bahwa  NKRI harga mati tidak dapat ditawar-tawar lagi.
“Bagi kita semua dengan segala kemajemukan yang kita miliki, Sumpah Pemuda yang berhasil menyatukan tekad dan semangat seluruh komponen bangsa. Tujuanya untuk melawan kolonalisme dan inperalisme,” tambahnya. (sophie)