Ahmad Basarah Menyebutkan Pers Sebagai Penyambung Lidah Parlemen Indonesia

FOTO: detik.com/indolinear.com
Selasa, 30 Maret 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah mengatakan pers adalah penyambung lidah parlemen. Hal ini ia sampaikan pada pembukaan Press Gathering Pimpinan MPR dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen.

“Jadi, kalau dulu pernah ada buku sangat populer berjudul ‘Bung Karno adalah penyambung lidah Rakyat’, maka pers adalah penyambung lidah Parlemen Indonesia,” ujar Basarah dalam keterangannya, dilansir dari Detik.com (29/03/2021).

Basarah mengungkap, Press Gathering yang diadakan di Anyer, Banten pada 26 hingga 28 Maret 2021 ini diikuti oleh 90 wartawan berbagai media cetak, TV, radio, dan online.

Ia menyebutkan Press Gathering merupakan agenda rutin yang wajib dilaksanakan Biro Humas dan Sistem Informasi MPR RI dengan Koordinatoriat Wartawan MPR/DPR/DPD RI. Ia menilai agenda ini sebagai suatu hal penting sebab tanpa hubungan baik antara Biro Humas MPR dan Koordinatoriat Wartawan Parlemen maka tidak mungkin 270 juta rakyat Indonesia akan mengerti dan paham apa yang dikerjakan MPR, DPR, DPD RI.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi Siti Fauziah selaku panitia pelaksana, menjelaskan acara press gathering ini diikuti 90 wartawan mewakili berbagai media cetak, TV, radio, dan online.

Sebelum keberangkatan, lanjutnya, semua wartawan telah melakukan swab antigen sebab acara berlangsung masih dalam suasana pandemi COVID-19. Meski demikian, Siti tetap menekankan untuk tak boleh melalaikan protokol kesehatan.

Lebih lanjut, Siti menilai Press Gathering ini penting karena media adalah salah satu pilar demokrasi. Media, lanjutnya, tentu akan menjadi mitra strategis untuk terus menyampaikan pesan dari MPR sebagai Rumah Kebangsaan.

“Kita berharap, terciptanya kolaborasi yang baik antara MPR dan para wartawan di lingkungan MPR, DPR dan DPD, dalam mengawal Ideologi Pancasila dan Kedaulatan Rakyat. Dan, tentunya, kolaborasi ini dapat menjadi jendela bagi masyarakat untuk mengetahui hal-hal baik yang terjadi di parlemen,” katanya.

Sebagai informasi, Press Gathering pertama tahun 2021 ini diisi dengan diskusi bertemakan “Urgensi Dibentuknya Pokok-pokok Haluan Negara (PPHN)”.

Diketahui, pembukaan Press Gathering ini dihadiri oleh Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid serta Hidayat Nur Wahid yang hadir secara virtual. Juga dihadiri oleh Ketua Fraksi Nasdem Taufik Basari, Ketua Fraksi Demokrat Benny K. Harman, dan Sekretaris Fraksi PKB Neng Eem Marhamah.

Selain itu, hadir pula Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR Siti Fauziah dan Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antarlembaga Setjen MPR Budi Muliawan. Hadir juga sebagai undangan Plt. Kepala Biro Parlemen Setjen DPR RI Muhammad Djazuli dan Kepala Biro Protokol Humas dan Media Setjen DPD RI Nana Sutisna. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: