Adu Spesifikasi All New Honda City Sedan Vs Toyota New Vios

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Kamis, 4 November 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Honda City varian sedan resmi meluncur kemarin, Kamis (28/10). Harganya Rp 355 juta berstatus on the road Jakarta dan PT Honda Prospect Motor hanya menawarkan Honda City sedan dalam satu varian.

Meski begitu unit anyar ini mendapat banyak ubahan, dari sisi ekterior, interior hingga fitur. Untuk pasar low sedan di Indonesia, dirinya menjadi pesaing Toyota New Vios. Di antara keduanya, mana yang layak dipilih? Dilansir dari Liputan6.com (02/11/2021).

Eksterior

Kalau dari sisi desain, City anyar banyak terjadi rombakan dari pendahulunya. Sedan ini sekarang menampilkan garis lebih lembut. Tampilan segar untuk menggoda kaum urban. Racikan dan pahatan bodi direkayasa ulang. Desain headlamp meruncing dengan teknologi LED plus dengan DRL menghadirkan kesan futuristik. Dipadu fog lamp di bagian bemper bawah. Bar kromium tebal tersimak di bagian depan.

Pencahayaan belakangnya juga menggunakan LED dengan desain anyar berbentuk huruf U. Kesan mewah hadir dengan desain anyar pelek berukuran 16 inci di samping dan rumah spion dengan lampu sein. Ubahan yang dilakukan pabrikan menggunakan pendekatan elegan namun tidak meninggalkan DNA sporty Honda.

Rancangan tubuh New Vios terbilang kontemporer. Bumper depan mencolok, semakin membuat sedan ini tampil mengesankan urusan visual. Lampu depan muncul dalam lekukan berani. Tatanam lampu utama LED tampak impresif. Bagian lampu belakang selaras dengan lekukan bodi. Dibekali dengan LED kombinasi. Sisi samping, desain velg sporty dengan aksen two tone (Tipe G) tampak menguatkan sisi elegannya. Sebagai kasta tertinggi, ban pakai ukuran 195/50-16 inci.

Lantaran tidak ada beda dengan yang hadir di Thailand, Honda City sedan menawarkan ukuran dimensi panjang 4.553 mm, lebar 1.748 mm dan tinggi 1.467 mm dengan panjang wheelbase 2.589 mm. Lawannya memiliki ukuran panjang 4.425 mm, lebar 1.730 mm, 1.500 mm, dengan jarak sumbu roda 1.550 mm. Memang tidak terlalu besar, tapi pas, sesuai dengan segmen small sedan.

Interior

Beralih ke bagian kabin. All New Honda City menggunakan panel dashboard baru dengan warna hitam. Sementara Meter Cluster semakin modern dilengkapi Multi Information LCD Display untuk menampilkan berbagai informasi penting saat berkendara.

Pusat ubahan tampak pada head unit dengan ukuran 8 inci touch screen. Kemampuannya sama dengan versi hatchback yakni smartphone connection, pemutar audio video serta 8 speaker. Soal desain dashboard, tidak ada perbedaan mencolok dengan saudaranya.

Honda juga masih menyematkan tuas paddle shift di bagian belakang kolom kemudi. Lagi-lagi Honda tak ingin menghilangkan sensasi berkendara Honda yang fun to drive. Ada juga pilihan mode ECON untuk berkendara dengan memaksimalkan efisiensi yang bisa diraih mesin 1.5L tersebut.

Kompetitornya menggunakan paduan warna beige dan hitam di bagian dashboard, sehingga nuansa sporty cukup kentara. Kisi AC samping dan pinggir head unit dilapis aksen silver. Lingkar kemudi berbalut bahan kulit plus tombol atau audio switch mengontrol saluran musik maupun layar TFT. Kelengkapan macam ini sudah lazim, dan bisa menambah kepraktisan dalam berkendara.

Head unit dibekali beberapa fitur kekinian. Seperti terkoneksi Apple, miracast, weblink, usb, bluetooth, dan penyetel dvd. Sebagai pemanja telinga, dirinya dibekali dengan 6 buah speaker yang tersebar di beberapa titik. Turun ke bagian bawah, acnya sudah memakai model digital, memberikan kontrol aliran udara secara tepat. Selain itu tentu menambah kemewahan.

Meter cluster dengan teknologi TFT MID mampu memberikan tampilan berbagai informasi. Sistem dilengkapi dengan pilihan driving mode seperti Eco dan Sport. Pilihan driving mode ini mampu menambah preferensi berkendara. Mau hemat bahan bakar atau ingin performa kencang. Itu semua sesuai kebutuhan Anda. Dan turut memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik.

Performa Mesin

All New City didukung oleh mesin bensin empat silinder 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW. Enjin yang sama dengan City Hatchback RS. Tenaganya mencapai 121 PS di 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. Penyaluran energi kinetik hanya menggunakan transmisi CVT. Mesin sudah sesuai ketentuan Euro 4. Sayangnya mesin 1.0 turbo yang hadir di Thailand tidak dijual di sini.

Sedangkan New Vios menggendong mesin bensin empat silinder 16 Valve, DOHC dan pakai teknologi Dual VVT-i. Tarian empat piston sanggup memberi buncahan maksimum 107 PS pada 6.000 rpm. Sementara torsi maksimumnya bisa menuju angka 14.3 Kgm atau 140 Nm di 4.200 rpm. Dengan bantuan sistem fuel injection, urusan bahan bakar menjadi lebih irit dibandingkan sedan di kelasnya. Semua tenaga disalurkan pakai CVT. Opsi lainnya menggunakan manual 5-speed.

Fitur

Sedan City terbaru dibekali fitur pengereman ABS EBD + BA, vehicle stability assist, hill start assist, emergency stop signal serta airbag berjumlah 6 buah di seluruh kabin. Selain itu telah menggunakan frame G-CON Honda yang dikenal ringan serta kuat. Fitur kenyamanan lainnya adalah multi angle rear view camera di mana pengemudi dapat memilih sudut pandang kamera apakah mau lebar, normal atau dari atas.

New Vios punya fitur keamanan cukup lengkap, di antaranya ada ABS, EBD, Brake Assist, Hill Start Assist, Vehicle Stability Control atau VSC. Walau kelas small sedan, di varian G memiliki tujuh bantalan udara yang tersebar di dasbor, bagian lutut, juga di tirai jendela. Kelengkapan itu bisa menambah keamanan. Termasuk mengurangi risiko cedera akibat tubrukan atau kecelakaan kendaraan. Kehadiran sabuk pengaman tiga titik juga meningkatkan keamanan penumpang.

Pada varian G CVT, dilengkapi dengan konsol tengah berteknologi tinggi dan speedometer dengan desain kombinasi. Tersedia pula Saklar Pemanas, USB/ AUX, pengisi daya nirkabel dan Multi Information Display (MID) kontemporer.

Inferensi

Honda City sedan dijual Rp 355 juta dan hanya tersedia dalam satu varian. Sementara New Vios dibanderol Rp Rp 283,3 juta (G CVT). Selisih harga yang sangat jauh. City baru unggul dalam hal performa. Tapi New Vios dikenal sebagai sedan irit. Ia juga punya 3 varian yang bisa disesuaikan dengan karakter pengemudi. Jadi menurut Anda, All New City atau New Vios yang layak dipilih? (Uli)