Adat Bhineka Tunggal Ika Mewarnai Pernikahan Pramuka

tribunnewscom/indolinear.com
Rabu, 29 November 2017
loading...

Indolinear.com, Kota Tangerang – Prosesi adat Bhinneka Tunggal Ika mengiringi resepsi pernikahan Ichsan Arief Pratama dan Ita Kurnia di Gedung KNPI, Tangerang, pada Minggu (26/11/2017) kemarin.

Upacara ini berjalan lancar dan penuh hikmat.

Tamu undangan pun terkesima melihatnya, sehingga banyak yang mengabadikan momen sakral ini.

Sebelumnya, pukul 10.00 WIB di tempat yang sama, dilangsungkan ijab qabul.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault dan Wakil Walikota Tangerang Sachrudin menjadi saksi pernikahan dua sejoli ini.

“Pernikahan Kak Ichsan dan Kak Ita ini keren. Yang keren, salah satu mas kawinnya adalah Tunas Kelapa. Kak Ichsan melafalkan ijab qabul dengan hanya satu tarikan nafas. Mantap!” ujar Adhyaksa Dault di lokasi, Minggu (26/11).

Menpora periode 2004-2009 ini juga mengajak masyarakat untuk mendoakan keduanya.

“Yuk, kita doakan kedua mempelai menjadi keluarga bahagia,” kata Adhyaksa.

Diketahui, adat pernikahan Bhinneka Tunggal Ika biasanya digunakan dalam pernikahan anggota Gerakan Pramuka dan purna anggota Dewan Kerja Nasional.

Kedua mempelai memang purna anggota Dewan Kerja. Ichsan adalah purna Dewan Kerja Nasional, sedangkan Ita adalah purna Dewan Kerja Cabang Kota Tangerang.

“Perkenankanlah, dalam kesempatan ini, kami melaksanakan sebuah prosesi sederhana. Prosesi bagi para anggota dan purna anggota Dewan Kerja Nasional yang akan melanjutkan kisah hidupnya dalam bingkai pernikahan,” demikian kata Sinta Ayu Lestari, pembawa acara prosesi adat pernikahan Bhinneka Tunggal Ika itu.

Prosesi adat pernikahan Bhinneka Tunggal Ika ini juga disertai Upacara Pedang Pora. Para protokol Kwarnas Gerakan Pramuka mengawal kedua mempelai dengan tongkat pora.

Para tamu undangan tiada henti-hentinya mengabadikan pernikahan dua anggota Gerakan Pramuka tersebut, baik dalam bentuk foto maupun video.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penyerahan bahtera dan cinderamata oleh Dewan Kerja Nasional kepada kedua mempelai.

Ada juga penyematan Tanda Penghargaan Wiratama oleh Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Organisasi dan Hukum, Kodrat Pramudho, kepada Ichsan Arief Pratama.

“Penghargaan wiratama diberikan kepada anggota Pramuka yang telah mengabdikan diri secara serius dalam kegiatan Pramuka. Untuk tahun ini, untuk masa bakti sekarang, kita berikan kepada Mantan Pengurus Dewan Kerja. Kita berikan sebagai award, yang telah mengabdikan diri dalam mengelola kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega,” tutur Kodrat, di sela-sela resepsi pernikahan.

Terkait prosesi adat pernikahan Bhinneka Tunggal Ika ini, Kodrat angkat bicara. Menurutnya, siapa saja bisa memakai prosesi pernikahan seperti ini.

“Adat Bhinneka Tunggal Ika biasanya dipakai oleh Pramuka. Siapa saja bisa pakai adat ini asal Pramuka. Biasanya yang pakai adalah pengurus atau Dewan Kerja,” tambahnya.

Pernikahan itu mengundang komentar warganet setelah Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault memposting foto pernikahan dua sejoli itu di akun instagramnya, @adhyaksadault.

Tampak pujian mengalir dari komentar-komentar warganet atas pernikahan tersebut.

“Mantap jiwaa,” tulis pemilik akun @monicayshn di kolom komentar postingan akun @adhyaksadault.

“Heppy wedding kak ichsan, selamat yaaa 1thn yg lalu pernah sempat berbincang dengan kak ichsan di gedung kwarnas.. Salam kak hehe,” tulis @sherinprd.91.

“smoga nanti kalau saya nikah. Kak @adhyaksadault bisa jadi saksi ijab kobul saya. Amin,” tulis @hidayatsyam619. (Uli)