Adam D’Angelo, Bekas Pegawai Facebook Yang Sukses Membuat Quora

FOTO: detik.com/indolinear.com
Selasa, 6 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Pernah menggunakan situs tanya jawab asal Amerika Serikat, Quora? Jika iya, kali ini detikcom akan membahas tentang kisah sukses pendiri Quora. Namanya Adam D’Angelo, dia saat ini memiliki kekayaan bersih kurang lebih US$ 600 juta.

Dalam menjalankan perusahaan Adam mengaku tak bisa sendirian ia membutuhkan orang lain untuk mengisi bidang pemasaran dan manajemen perusahaan. Adam memiliki prinsip untuk fokus memiliki tujuan jangka panjang dan tidak pernah memikirkan keputusan jangka pendek.

Mengutip dari Detik.com (04/07/2021), Adam merupakan anak muda jenius di bidang informatika. Sebelum mendirikan Quora ia bekerja dengan Mark Zuckerberg di Facebook namun hengkang pada 2008 dan akhirnya mendirikan platform baru.

Sebagai rekan kerja, Zuckerberg mengaku sangat kagum dengan kemampuan dan car akerja Adam. Zuck menilai Adam adalah orang yang bisa melakukan pekerjaan 6 kali lebih baik dibandingkan yang lain.

Quora didirikan oleh Adam bersama rekannya Charlie Cheever pada Juni 2009 dan dapat digunakan untuk umum pada Juni 2010. Situs ini adalah platform untuk berbagi pengetahuan yang benar-benar asli berdasarkan fakta dan bukti.

Untuk mengembangkan Quora, Adam juga tak ragu untuk merogoh kantongnya sebesar US$ 50 juta dan menggunakan uang tersebut sebagai operasional. Misalnya pengguna bisa mengajukan pertanyaan dan kemudian orang-orang akan datang dan menjawab pertanyaan yang diunggah tersebut.

Quora mirip dengan Yahoo Answer, Facebook, Twitter dan Answers.com. Namun yang menjadi pembeda adalah ia harus menggunakan nama asli dan wajib memakai akun Facebook atau Google.

Walaupun mirip dengan beberapa platform, Quora berhasil menjadikan Adam lebih menonjol dibandingkan pesaing lainnya. Adam pernah menyabet medali perak di ajang Olimpiade Internasional bidang informatika pada 2002. Kemudian dia juga menjadi runner up sebagai Orang terpintar dalam teknologi versi Fortune Magazine.

Saat ini Quora dijalankan oleh 130 pegawai dengan 80 juta pengunjung setiap bulannya. Separuh pengunjung berasal dari AS dan 15% dari India.

Quora telah sukses mengantongi pendanaan lebih dari US$ 141 juta dari 11 investor. Terakhir ada investor dari Tiger Global yang memberikan US$ 80 juta.

Saat ini valuasi Quora mencapai US$ 1 miliar. Selain itu Quora juga telah melakukan investasi dalam jumlah besar di Hike Messenger pada Januari 2016. (Uli)

loading...