Ada Lima Situ Yang Masih Bisa Dikunjungi Di Tangsel

FOTO: net/indolinear.com
Kamis, 9 Juli 2020
loading...

Indolinear.com, Tangerang Selatan – Situ adalah suatu wadah genangan air di atas permukaan tanah yang terbentuk secara alami ataupun buatan. Air dalam situ bersumber dari air tanah ataupun air permukaan. Salah satu manfaat situ selain untuk air minum dan air baku juga untuk konsevasi lingkungan dan dapat mengurangi dampak banjir.

Banyaknya alih fungsi lahan menjadikan situ mulai menghilang keberadaannya. Terutama banyak situ yang menghilang karena lahan difungsikan sebagai tempat tinggal atau yang lebih parah menjadi tempat pembuangan sampah.. Di Tangsel ada lima situ yang tersebar diberbagai daerah. Berikut daftarnya.

Situ Rompong

Situ Rompong merupakan salah satu situ yang terletak di Kecamatan Ciputat Timur. Situ Rompong awalnya memiliki luas ±2 Ha Tetapi sejak ada pembangunan rumah-rumah liar disekitar situ, sekarang luas situ berkurang menjadi ±1,74 Ha. Kedalaman situ semula ± 3 m, tetapi sekarang mengalami pendangkalan menjadi ± 1,5 m.

Situ ini dahulu berfungsi sebagai irigasi untuk sawah-sawah di sekitar situ, resapan dan sebagai sumber air bagi warga sekitar.

Situ Parigi

Situ Parigi terletak di Kelurahan Parigi Lama Kecamatan Pondok Aren. Setelah mengalami penyempitan, luas situ saat ini 4,026 Ha. Awalnya pada zaman Belanda Situ Parigi merupakan legokan yang luas seperti lautan. Kemudian dibangun tanggul yang pengurukannya menggunakan tanah dari lahan sebelah Situ yang kemudian membentuk kali kearah Jl. BSD-Bintaro.

Situ Ciledug

Situ Ciledug berlokasi di jalan Siliwangi Kelurahan Pondok Benda Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan.   Luas 24 Ha namun berdasarkan informasi yang rilis oleh DBMSD Kota Tangsel situ ini memiliki luas 19,394 ha. Lokasi situ ini sangat berdekatan denganpusat perbelanjaan Pamulang Square dan perumahan Reni Jaya. Pada zaman dahulu, situ ini adalah situ terbesar di kabupaten Tangerang, warga sekitar menyebutnya Situ Tujuh Muara yang memiliki luas 32Hektar.

Situ Pamulang

Situ Pamulang terletak di Kelurahan Pamulang Barat Kecamatan Pamulang , Tepatnya Sekitar Pacuan Kuda Pamulang. Berdasarkan data yang dirilis oleh DBMSD situ ini memiliki luas kurang lebih 7,71 ha. Tapi dari beberapa data lain yang dipublikasi, situ ini awalnya memiliki l 31 Ha, kemudian luas tersebut berkurang menjadi + 24 Ha. Penyempitan Situ ini disebabkan oleh beberapa hal, yaitu penimbunan yang dilakukan masyarakat di bantaran Situ. Situ ini letaknya sangat strategis karena berada di tengah pusat perkotaan.

Situ Gintung

Situ Gintung terletak di Kelurahan Cirendeu Kecamatan Ciputat Timur , tepatnya dibelakang kampus Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Situ gintung awalnya adalah waduk yang berfungsi sebagai tempat penampungan air hujan dan untuk perairan ladang pertanian di sekitar wilayah tersebut. Dibuat antara tahun 1932-1933 dengan luas awal 31 ha. Situ ini pernah menyimpan peristiwa kelam, dimana pada tanggal 27 Maret 2009 tanggul situ ini jebol menelan korban hingga 100.(pit)

Pernah tau tarian asli Depok. Tarian yang ada dipercaya syarat campuran budaya dari berbagai suku. Simak informasinya disini.

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: