Ada Lima Ragam Gerakan Dalam Olahraga Senam Lantai

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Senin, 26 April 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Ada lima ragam gerakan dalam senam lantai. Apa saja itu?

Senam lantai atau floor exercise dalam bahasa Inggris adalah kegiatan olahraga yang kebanyakan gerakannya membutuhkan matras sebagai alat bantu.

Matras dalam senam lantai berfungsi sebagai alat bantu utama untuk mengurangi risiko terjadinya cedera.

Sebab, gerakan dalam senam lantai akan banyak bersentuhan dengan lantai semisal gerakan melompat, meloncat serta berguling.

Melansir dari Kompass.com (25/04/2021), salah satu ragam gerakan senam lantai adalah kayang. Namun, masih ada beberapa ragam gerakan dalam senam lantai.

Berikut adalah 5 gerakan yang ada pada senam lantai:

Handstand                      

Handstand merupakan posisi berdiri dengan memanfaatkan kedua tangan untuk menopang seluruh badan.

Gerakan ini sangat membutuhkan kekuatan tangan karena dijadikan tumpuan utama tubuh. Sebaiknya aktivitas handstand dilakukan di atas permukaan yang keras.

Gerakan ini dimulai dengan sikap berdiri, lalu meletakkan kedua telapak tangan di atas matras.

Gerakan selanjutnya adalah menarik kaki ke belakang ke bagian atas dengan gerakan mengayun, mulai dengan kaki kanan kemudian diikuti dengan kaki kiri atau sebaliknya, kemudian gerakan tersebut dipertahankan selama beberapa detik.

Kayang

Seperti yang disebutkan di atas, kayang termasuk salah satu gerakan dalam senam lantai.

Kayang merupakan gerakan senam lantai yang dilakukan dengan cara posisi kedua tangan dan kaki bertumpu ke matras dengan posisi terbalik, lalu meregang dan panggul serta perut diangkat ke atas.

Posisi kayang mengharuskan posisi kaki lebih tinggi serta memberi tekanan pada bagian bahu dan pinggang. Kayang merupakan salah satu latihan kelentukan bahu.

Guling depan (forward roll)

Guling ke depan adalah berguling ke depan dengan urutan gerak dimulai dan tengkuk, punggung, pinggang, dan panggul bagian belakang.

Adapun guling depan bisa dilakukan dengan berdiri atau jongkok. Antara keduanya tidak memiliki perbedaan yang siginifikan. Perbedaannya hanya terletak pada posisi tubuh sebelum dan sesudah melakukan guling depan.

Guling belakang (back roll)

Ada guling depan, ada juga guling belakang dalam gerakan senam lantai.

Gerakan senam ini adalah gerakan menggulingkan atau menggelindingkan badan ke belakang dengan bentuk membulat seperti roda. Posisi tubuh saat akan melakukan guling belakang adalah membelakangi matras.

Sikap lilin

Sikap lilin adalah sikap meluruskan badan dengan sikap kedua kaki rapat ke atas.

Sikap lilin dilakukan dengan tidur telentang dan kemudian mengangkat kedua kaki ke atas dalam posisi rapat serta lurus. Kedua tangan diletakkan di pinggang sebagai penopang. (Uli)