Ada Apa Ini? Hampir Sepekan Website Dewan Pers Tidak Bisa Diakses

Kamis, 4 Oktober 2018

Indolinear.com, Tangsel – Website Dewan Pers yang beralamat https://dewanpers.or.id tidak bisa diakses. Pantauan indolinear.com hingga Kamis (4/10/2018), website resmi lembaga nasional yang menaungi verifikasi media se indonesia mengalami down time atau tidak bisa diakses.

“Saya sedang mendaftarkan media indolinear.com ke dewan pers untuk diverifikasi. Jadi saya mau tahu progresnya dari website Dewan Pers. Namun hampir seminggu terakhir website Dewan Pers malah sulit diakses,” kata King Hendro Arifin, Direktur indolinear.com, (4/10/2018).

King Hendro Arifin sendiri mengaku tidak tahu menahu penyebab website Dewan Pers tidak bisa diakses. Hanya saja karena kebutuhan informasi mengenai status verifikasi yang sedang dilalui indolinear.com, maka kebutuhan informasi yang tersedia di website resmi dewanpers sangat penting bagi manajemen indolinear.

“Kalau saya lebih kepada kebutuhan informasi soal sudah atau belum indolinear.com terverifikasi. Baik administrasi atau faktual. Makanya butuh info yang dimunculkan di dewan pers. Kalau sudah lolos kan kami lega,” ujar King Hendro.

Terpisah, Praktisi IT Tangerang, Ocid menjelaskan kondisi website dewanpers yang tidak bisa diakses oleh khalayak ramai lebih disebabkan karena web server mengalami down time. Menurut pengamatan digital yang dilakukan website dewanpers menggunakan IP adress milik Kominfo RI.

“Kalau penyebab utamanya si kita kurang bisa menjelaskan. Karena bisa saja dimatikan oleh pemilik Web. Tapi kalau lihat case nya, Kalo di pindah propagasi DNS itu paling lama 2 x 24 jam. Tapi ini sudah lebih. Saya hanya bisa pastikan ini server nya down kalau dari jelajah digital yang kita lakukan,” jelas Ocid.

Ditanya kemungkinan website Dewan Pers diretas oknum tidak bertanggungjawab, Ocid mengaku bukan hal itu yang menjadi penyebab utama.

“Kalo gak bayar itu biasanya di suspend dan ada halaman khusus dari provider. Kalau dihack pasti ada tampilan Web yang diubah. Ini lebih kepada webservernya down. Tapi kenapa Down ini yang bisa jelaskan ya pengelola webnya,” ujar Ocid.

Mengenai website Dewan Pers yang masih belum bisa diakses hingga pukul 13.40 hari Kamis (4/10/2018), tim indolinear sudah mencoba menghubungi dan mengkonfirmasi dewan pers melalui email pendataandp@gmail.com namun belum mendapat jawaban. Konfirmasi akan dimuat setelah resmi diterima oleh redaksi indolinear.com.(tim red/fin)

%d blogger menyukai ini: