A12X Dari Apple Menjadi Prosesor Mobile Paling Bertenaga Saat Ini

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Sabtu, 10 November 2018

Indolinear.com, Jakarta – Selain rilisnya iPad Pro, MacBook Air, dan Mac Mini, Apple juga menyinggung soal prosesor yang memotori iPad Pro, yakni A12X Bionic.

Tak perlu diragukan lagi, A12X Bionic adalah prosesor mobile paling bertenaga saat ini. Mengapa? Jawabannya mudah. Karena A12X Bionic adalah versi penyempurnaan dari A12 Bionic, yang kita temukan di iPhone XS, XS Max, dan XR. Hampir semua benchmark menunjukkan bahwa A12 adalah prosesor paling kencang saat ini, dilansir dari Merdeka.com (09/11/2018).

Sebenarnya Apple sendiri tidak memproklamirkan A12X sebagai yang terkencang. Apple hanya memberi dua poin, yakni perbandingannya dengan generasi prosesor iPad Pro sebelumnya yakni A10X Fusion, serta membredel komposisi dari prosesor ini.

Meski demikian, melansir Phone Arena, Apple menyebut bahwa A12X memiliki lebih banyak transistor yakni 10 milyar transistor, dibanding 12X di iPhone yang hanya 6,9 milyar transistor. Di atas kertas, jumlah transistor ini akan membuat peningkatan solid dari segi benchmark.

Perbandingan iPad Pro 2017 VS iPad Pro 2018

Apple juga sedikit berbicara benchmark ketika mengagung-agungkan prosesor terbarunya. Seperti yang sudah kami sebut di atas, mereka membandingkannya dengan A10X Fusion. Dalam perbandingan ini, A12X Bionic memiliki kinerja single-core 35 persen lebih baik, dan multi-core 90 persen lebih baik ketimbang A10X Fusion.

Hal ini terjadi berkat CPU 8 inti yang diusung A12X Bionic. Prosesor A12 yang ada di duo iPhone XS dan XR, hanya memiliki 8 inti.

Beralih ke kartu grafis, kita disuguhkan dengan 7 inti GPU di A12X Bionic. Di A12 milik iPhone, hanya ada 4 inti GPU. Dengan ini pemrosesan grafis untuk iPad Pro terbaru akan jauh lebih baik dari gadget mobile Apple manapun. Apple sendiri mengklaim 2x peningkatan grafis dari iPad Pro 2017.

Untuk memperkuat, Apple juga mengklaim bahwa grafis iPad Pro ini akan setara Xbox One S. Bahkan dalam peluncurannya terdapat demonstrasi untuk membuka Adobe Photoshop di atas panggung dan dapat bekerja dengan mulus.

Klaim selanjutnya soal grafis, Apple menyebut bahwa iPad Pro 2018 memiliki grafis 1000 kali lebih baik ketimbang iPad generasi pertama yang lahir 2010 lalu. Bahkan, Apple menyebut kalau iPad Pro terbaru ini lebih bertenaga ketimbang 92 persen PC portable yang dijual di pasaran saat ini.

iPad Pro lebih dari iPhone

Apple sendiri memang memperlakukan iPad Pro lebih superior ketimbang lini iPhone. Meskipun mengusung arsitektur prosesor serupa, namun iPad Pro akan dibuat lebih unggul. Hal ini memiliki alasan.

Pertama, manajemen panas di iPad yang notabene tablet dengan ukuran lebih besar, jauh lebih baik ketimbang iPhone yang kecil. Kedua, iPad juga bisa menyuplai daya ke prosesor dengan lebih banyak dan efektif, karena kapasitas baterainya tentu lebih besar ketimbang iPhone. (Uli)

%d blogger menyukai ini: