7 April Tahun 1969 Internet Pertama Kali Diluncurkan

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Jumat, 6 Mei 2022

Indolinear.com, New York – Sejarah mencatat bahwa hari ini pada 1969 lalu merupakan momen terciptanya Internet. Berikut ini kisahnya:

Tak seorang pun, kecuali para perancangnya, memahami apa yang sebenarnya dilakukan jaringan komputer – dan bahasa teknologi yang padat juga tidak banyak membantu. Ketika Senator Ted Kennedy mengetahui Advanced Research Projects Agency (ARPA), sebuah badan pemerintah yang bertugas mencari cara untuk melindungi infrastruktur militer Amerika Serikat jika terjadi serangan nuklir, mengontrak sebuah perusahaan dari negara bagian asalnya untuk membangun interface message processor.

Senator Ted Kennedy kemudian mengirim sebuah pesan ucapan selamat ke perusahaan tersebut, memuji mereka atas kerja keras mereka.

Jika ARPA memiliki kepercayaan pada kekuatan yang lebih tinggi, itu adalah komputer.

Lalu pada 7 April 1969, kontrak pertama untuk membangun jaringan Internet, yang kemudian disebut ARPANET, diberikan kepada Bolt, Beranek dan Newman, dilansir dari Liputan6.com (04/05/2022).

Proses Permintaan Komentar

xabayPada hari yang sama, Steve Crocker, seorang profesor di UCLA dan salah satu pengembang ARPANET mengeluarkan prosedur standar requests for comments atau permintaan komentar untuk dokumennya pada perangkat lunak host untuk Internet.

Kedua proses yang dilakukan ini meletakkan dasar Internet modern.

“Permintaan komentar” akan dikeluarkan ribuan selama proses tersebut, dan masih digunakan sampai sekarang.

Pada bulan September tahun itu, koneksi host-to-host eksperimental telah disiapkan dan siap untuk pengujian.

Saat itu, huruf yang mengeja LOGIN muncul di layar, menunjukkan proses koneksi. Upaya masuk pertama macet setelah huruf G – tetapi yang kedua berhasil. (Uli)

loading...