7.599 WNI Di Inggris Dan Irlandia Menggunakan Hak Suaranya

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Senin, 15 April 2019

Indolinear.com, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar pemungutan suara bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di wilayah Inggris dan sekitarnya pada 13 April 2019 waktu setempat.

Pemilihan dilakukan melalui 2 metode yaitu mendatangi langsung ke Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) dan melalui pos.

Di KBRI London, terdapat tiga TPSLN yang dibangun di dalam gedung KBRI London.

TPSLN itu untuk menampung sekitar 1.850 orang pemilih.

Tercatat sejumlah 7.599 orang pemilih di Inggris dan Irlandia, dengan rincian 1.849 orang memilih di TPSLN dan 5.750 orang memilih melalui pos.

Duta Besar RI untuk Inggris dan Irlandia, Rizal Sukma, mengatakan pihaknya berupaya mencontohkan kepada masyarakat khususnya di Britania Raya, Indonesia merupakan negara yang menjunjung tinggi demokrasi.

“Kita harus bisa menunjukkan ke publik Inggris melalui pemilu di London ini kita benar-benar negara demokrasi terbesar ketiga di dunia,” kata dia, dalam keterangannya dilansir dari Tribunnews.com (14/04/2019).

Selama pelaksanaan pemungutan suara pada Pemilu 2019 di Inggris, dia menilai kegiatan pesta demokrasi rakyat berlangsung tertib.

“Saya juga senang melihat antusiasme warga Indonesia di Inggris dalam menjalankan hak konstitusinya,” kata Rizal.

Dalam kesempatan tersebut, dia mengapresiasi kerja keras PPLN dan KPPSLN sejak mulai persiapan hingga pelaksanaan pemilu sehingga dapat berjalan lancar.

Meskipun diakui adanya tantangan dan permasalahan.

Namun, dia meyakini PPLN dapat menyelesaikannya dengan baik.

Setelah melakukan pemungutan suara, warga yang telah memilih berkesempatan melakukan temu kangen pada acara Bazaar di Community Hall berlokasi di sebelah gedung KBRI London.

Acara Bazaar yang diselenggarakan oleh KBRI London bekerja sama dengan PPI London tersebut menyuguhkan beraneka ragam makanan Indonesia dan hiburan masyarakat. (Uli)