6 April 1896: Olimpiade Modern Terselenggara Untuk Pertama Kalinya

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Kamis, 7 Mei 2020

Indolinear.com, Athena – Pada 6 April 1896, Olimpiade modern pertama diadakan di Athena, Yunani, dengan atlet dari 14 negara berpartisipasi.

Sebelumnya, Komite Olimpiade Internasional bertemu untuk pertama kalinya di Paris pada Juni 1894 dan memilih Yunani sebagai tempat Olimpiade modern perdana, demikian seperti dikutip dari Liputan6.com (05/05/2020).

Menurut catatan sejarah, embrio dari kompetisi olahraga kuno tersebut diyakini berasal pada 776 SM di Olympia, Yunani, di mana atlet bertanding dalam satu acara: balap lari.

Bertahun-tahun kemudian, acara lain ditambahkan dalam Olimpiade versi Yunani Kuno tersebut, termasuk balap kereta, tinju, gulat, dan pentathlon.

Peserta, yang semuanya adalah lelaki muda dari negara-kota dan koloni Yunani, sering bertempur dalam unjuk kebugaran tubuh, sebagai cara untuk merayakan tubuh manusia, dan pemenang menerima sebuah ‘medali simbolis’ ranting zaitun. Olimpiade kuno terakhir diperkirakan telah terjadi pada 393 Masehi.

Kilas Balik Olimpiade Modern Pertama

Pada Olimpiade modern pertama, 241 atlet pria (dan tidak ada wanita) yang mewakili 14 negara berlaga dalam 43 acara.

James Connolly dari Amerika Serikat menjadi juara Olimpiade modern pertama ketika ia memenangkan cabang triple-jump pada hari pembukaan Olimpiade. Untuk prestasinya, ia dianugerahi medali perak dan ‘medali simbolis’ ranting zaitun. Connolly kemudian finis kedua dalam cabang lompat tinggi dan berhasil meraih posisi ketiga dalam cabang lompat jauh.

Prancis, Inggris Raya, Jerman dan Yunani memiliki jumlah atlet terbesar yang berpartisipasi.

Namun demikian, AS membawa pulang akumulasi atlet finish pertama yang paling banyak (11) dari negara mana pun, diikuti oleh Yunani (10) dan Jerman (6).

Menurut akumulasi peringkat, AS berhasil meraih posisi pertama, kedua atau ketiga dalam 20 cabang olahraga, sementara Yunani mencetak 46 pertandingan dan Jerman ditempatkan di 13 kompetisi.

Untuk menyenangkan kerumunan kota kelahirannya, pelari Yunani Spyridon Louis memenangkan maraton. Olimpiade pertama selesai pada 15 April 1896.

Olimpiade kedua diadakan di Paris pada tahun 1900 dengan 997 atlet (22 di antaranya perempuan) dari 24 negara berlaga dalam 95 acara.

AS menjadi tuan rumah Olimpiade untuk pertama kalinya pada tahun 1904, di St. Louis. Olimpiade ketiga menandai pertama kalinya medali emas, perak dan perunggu diberikan kepada juara pertama, kedua dan ketiga.

Mulai tahun 1992, pertandingan musim panas (Summer Olympics) dan musim dingin (Winter Olympics), yang secara tradisional diadakan pada tahun yang sama setiap empat tahun, berlangsung dengan jeda dua tahun setiap periodenya. Olimpiade Musim Panas kembali ke Athena pada tahun 2004, dengan 10.625 atlet (4.329 wanita dan 6.296 pria) dari 201 negara berpartisipasi dalam 301 acara. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT:

Berita Menarik Lainnya