5G Resmi Meluncur di Tiongkok, Menjadi Yang Terbesar Di Dunia

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Jumat, 15 November 2019

Indolinear.com, Jakarta – Tiga operator seluler di Tiongkok telah mengumumkan bahwa layanan 5G telah bergulir. Ketiganya adalah China Mobile, China Unicom, dan China Telecom.

Melansir dari Merdeka.com (14/11/2019), layanan 5G yang mulai digelar sejak pekan lalu itu dibanderol mulai dari 128 yuan (Rp 255 ribu).

Bergulirnya 5G Tiongkok, menurut firma Berstein, akan menjadikan Tiongkok sebagai negara dengan cakupan jaringan 5G terbesar di dunia.

“Tiongkok akan menjadi negara yang mengoperasikan jaringan 5G komersial terbesar di dunia, dengan skala jaringan dan harga layanan akan memiliki dampak penting di rantai pasokan,” tulis Berstein dalam laporannya.

Hingga akhir 2019 otoritas Tiongkok menyebut berencana memasang lebih dari 50 ribu BTS 5G di 50 kota. Adapun kota besar, seperti Beijing, Shanghai, Guangzhou, dan Hangzhou sudah tercakup jaringan 5G.

Kehadiran 5G di Tiongkok dapat dikatakan lebih cepat dari perkiraan. Sebelumnya, otoritas setempat berencana untuk menghadirkan layanan internet supercepat itu pada awal 2020.

Selain jaringan 5G yang mulai bergulir, sejumlah perusahaan Tiongkok, seperti Huawei dan Xiaomi, juga sudah mengungkapkan produk yang mendukung teknologi 5G. (Uli)

INDOLINEAR.TV