50 KRK Depok Dilatih Keterampilan Memahami Konsep Diri Anak

FOTO: depok.go.id/indolinear.com
Selasa, 9 Juli 2019
Depok | Uploader puspita

Indolinear.com, Depok – Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok memberikan pelatihan konsep diri anak bagi 50 Kader Ramah Keluarga (KRK) se-Depok. Puluhan kader tersebut dilatih seputar keterampilan perlindungan anak yang mengacu pada konsep diri anak.

Kepala DPAPMK Kota Depok, Nessi Annisa Handari mengatakan, pihaknya ingin KRK Depok bisa memberikan perlindungan pada anak melalui pemberdayaan masyarakat berbasis RW Ramah Anak. Untuk itu, KRK harus mampu memetakan potensi yang ada di masyarakat.

“Dalam pelatihan ini akan diberikan pemahaman tentang apa itu konsep diri anak. Selain itu ada pula informasi tentang fenomena konsep diri anak yang berkembang di masyarakat,” kata Nessi dilansir dar depok.go.id.

Lebih lanjut, ucapnya, dalam membangun RW Ramah Anak, para KRK juga dilatih menerapkan strategi komunikasi serta kemampuan pemetaan potensi masyarakat. Dengan begitu, diharapkan KRK bisa melihat dengan jeli apabila ada keluarga yang belum menerapkan konsep diri kepada anaknya.

“Setelah pelatihan akan ada keterampilan meningkatkan kualitas anak maupun kualitas orangtua agar mampu menanamkan konsep diri kepada anak,” tandasnya.(pit)