5 Makanan Khas Pekanbaru yang Populer dan Enak

FOTO: net/indolinear.com
Selasa, 2 Maret 2021
Nusantara | Uploader puspita
loading...

Indolinear.com, Pekanbaru – Makanan khas Pekanbaru terbilang memiliki rasa unik dan mantap. Sajian makanan enak dari Riau ini memang belum banyak yang tahu. Tapi tentunya wajib dicoba saat kamu berkunjung ke Pekanbaru, Riau.

Selain ragam minuman dan camilan, masyarakat Pekanbaru juga punya menu sarapan yang enak. Misalnya saja mieso dan juga mie lendir. Meskipun namanya terbilang aneh, namun soal rasa tetap juara.

Pekanbaru memiliki masyarakat yang heterogen sehingga kulinernya juga dipengaruhi oleh beberapa budaya seperti Melayu, Minang, Jawa, Batak, Tionghoa dan suku lainnya.

Berikut beberapa makanan khas Riau Pekanbaru yang populer:

Mieso

Makanan khasPekanbaru bernamamieso ini menjadi menu sarapan yang paling populer dan banyak dijumpai diPekanbaru. Sajian berkuah ini terdiri dari mie kuning, mie putih, ayam suwir, tahu dan kulit ayam. Dipadu dengan kuah kaldu hangat yang gurih nikmat.

Dilansir dari detik.com, mieso paling enak dinikmati bersama dengan sambal hijau dan disajikan dengan kerupuk merah muda yang biasa dijadikan sebagai teman makan soto Padang. Sluurp, enak!

Mie Lendir

Makanan khas Pekanbaru yang banyak diminati lainnya adalah mie lendir. Ini adalah mie kuning yang disajikan dengan kuah kental yang teksturnya mirip seperti lendir. Kuah mie lendir terbuat dari campuran ubi, kacang tanah dan beberapa campuran bumbu rempah.

Selain mie kuning, mie lendir juga disajikan dengan irisan tauge rebus, telur rebus, irisan cabai rawit dan bawang goreng.

Lopek Bugi

Kue khas Riau yang tersohor adalah lopek bugi. Kue ini dulunya hanya bisa dinikmati oleh kaum bangsawan, namun seiring dengan berkembangnya zaman, kue dengan campuran beras ketan ini bisa kamu nikmati sebagai sarapan atau ketika perayaan hari besar.

Lopek bugi dibuat dengan bahan dasar tepung beras ketan. Sajian kue ini banyak dibuat oleh masyarakat yang berada di desa Danau Bingkuang.

Roti Jala

Roti jala menjadi salah satu makanan dariPekanbaru yang dipengaruhi oleh budaya Melayu. Roti jala yang memiliki rasa cenderung hambar biasanya dimakan dengancocolan saus durian untuk versi manisnya. Namun jika suka dengan rasa gurih, masyarakat Riau sering menikmatinya dengan kari ayam, kambing atau sapi.

Mie Sagu

Sagu adalah tepung yang diolah dari batang pohon sagu. Mie sagu merupakan makananberkarbohidrat yang dapat menjadi pengganti nasi. Teksturmienya yang kenyal makin enak berpadu dengan bumbu dan sayur-sayuran.

Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk membuat mie sagu ini umumnya menggunakan cabe merah giling, udang basah, tauge, kucai, ikan teri goreng dan bawang merah.(pit)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: