4 Maret 1994 Aktor Komedi John Candy Meninggal Dunia

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Jumat, 2 April 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Bintang komedi yang namanya sudah besar dan terkenal, John Candy, meninggal mendadak karena serangan jantung pada tanggal 4 Maret 1994, pada usia 43 tahun.

Mengutip dari Liputan6.com (31/03/2021), pada saat kematiannya, aktor tersebut tinggal di dekat Durango, Meksiko, saat syuting Wagons East, yang menceritakan seorang Western komedi yang dibintangi oleh komedian Richard Lewis.

Lahir pada tahun 1950, akting pertama Candy adalah di teater anak-anak di negara asalnya, Kanada.

Pada tahun 1972, ia diterima dalam kelompok komedi Kota Kedua yang bergengsi di Toronto, di mana ia akan menjadi penulis dan penampil reguler untuk program televisi kelompok tersebut, SCTV, bersama dengan komik yang sedang naik daun lainnya seperti Eugene Levy (kemudian menjadi lawan main Candy di Splash) dan Harold Ramis (Ghostbusters).

Ketika SCTV pindah ke jaringan televisi pada tahun 1981, Candy ikut pindah dan dia memenangkan Penghargaan Emmy untuk menulis untuk pertunjukan itu.

Membintangi sejumlah film sebelum meninggal

Pesona Candy yang paling terkenal ketika berperan sebagai Yosh Shmenge, pemain klarinet di band polka.

Dia memerankan kembali karakter itu dalam film dokumenter tiruan, The Last Polka, di HBO pada tahun 1985 dan juga memainkan musisi polka dalam film terkenal Home Alone (1990).

Candy membuat terobosan besar dengan film Splash pada tahun 1984, di mana ia membintangi sebagian besar adegannya sebagai saudara lelaki yang menganggur dan hidup tinggi dari karakter utama, yang diperankan oleh Tom Hanks.

Film yang disutradarai oleh Ron Howard ini menjadi sukses besar, dan menjadi awal karir Candy, Hanks, Darryl Hannah dan Levy.

Setelah Splash, Candy sangat diminati sebagai karakter orang bodoh yang menyenangkan.

Dia membintangi sejumlah hit box-office selama 10 tahun berikutnya, termasuk Spaceballs (1987), dan kolaborasi dengan penulis, produser serta sutradara John Hughes di Planes, Trains and Automobiles (1987), The Great Outdoors (1988) dan Paman Buck (1989).

Pada tahun 1993, Candy mendapat pujian atas perannya sebagai pelatih dari tim kereta luncur Jamaika yang tidak biasa di Cool Runnings (1993).

Pada saat kematiannya, Candy baru saja menyelesaikan debut penyutradaraannya, film komedi Fox Television Hostage for a Day.

Dia telah melakukan dua pertiga dari adegannya di Wagons East, yang diselesaikan setelah perusahaan asuransi pembuat film membayar penyelesaian 15 juta dolar atau sekitar 210 miliar rupiah.

Film lain yang baru saja dibungkus adalah Bacon Kanada yang dirilis pada tahun 1995.

Candy meninggalkan istrinya, Rosemary, dan kedua anak mereka, Jennifer dan Christopher. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: