30 Persen Perempuan Di XL Axiata Menjabat Posisi Penting

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Senin, 6 Juni 2022

Indolinear.com, Jakarta – Direktur & Chief Strategic Transformation & IT Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya menyebut saat ini jumlah perempuan di level manager perusahaan besutannya itu telah mencapai 30 persen. Posisi pada level itu yakni supervisor, manajerial, group head, hingga tingkat direktur.

“Kami sendiri punya enam direktur di mana dua dari enam adalah perempuan,” kata dia saat konferensi pers G20 Empower di Yogyakarta, dilansir dari Merdeka.com (05/06/2022).

Lantas, bagaimana caranya?

Dian Siswarini, President Director XL Axiata membeberkan cara bagaimana pihaknya mampu memberikan kepercayaan lebih kepada perempuan untuk mengisi posisi-posisi strategis di perusahaan. Menurut dia, langkah awal adalah memberikan pemahaman kepada semua leader di perusahaan tentang betapa pentingnya perempuan di sebuah perusahaan.

“Bahwa yang namanya pemberdayaan perempuan bukan hanya perempuan diberi akses atau harus diberi previllage. Tapi pemberdayaan punya dampak terhadap bisnis, jadi Return of Investment (RoI) yang nyata. Karena memang dari beragam penelitian, kalau organisasi punya keterwakilan perempuan banyak, maka secara RoI lebih baik,” ungkap Dian kala ngobrol santai dengan awak media di tempat yang sama.

Ia menyontohkan saat merekrut karyawan untuk posisi project manager. Pada posisi ini, Dian lebih mengutamakan perempuan. Berdasarkan pengalamannya, perempuan akan lebih detail saat harus menangani project-project yang sarat ketelitian.

“Mereka itu ahli dalam mengorkestrasikan setiap divisi,” jelas dia.

Dian juga menyebutkan angka 30 persen perempuan berada di posisi penting di XL, telah dilakukan jauh-jauh hari sebelum ia menjabat sebagai President Director. Dian dipercaya menjadi orang nomor wahid di XL sudah sejak 2015.

“Kalau sebelum saya jadi President Director, di XL itu sudah sangat beri akses dan preivelage kepada perempuan. Jadi, ini bukan kebetulan tapi memang sudah dirancang,” katanya. (Uli)

loading...