3 Agustus 1949 Bagaimana Cikal Bakal NBA Terbentuk

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Sabtu, 4 September 2021
loading...

Indolinear.com, New York – 72 tahun silam, tepatnya 3 Agustus 1949, National Basketball Association (NBA) resmi terbentuk.

NBA terbentuk setelah pertempuran tiga tahun untuk memenangkan pemain dan penggemar, seperti dikutip dari Liputan6.com (02/09/2021).

NBA merupakan gabungan dari rival Basketball Association of Amerika (BAA) dan National Basketball League (NBL).

BBA yang didirikan pada 1946, menantang kekuasaan NBL yang berusia sembilan tahun. Dibandingkan dengan NBL, BAA lebih mematangkan pada kota-kota besar. Sedangkan NBL hanya pada kotakota kecil seperti Fort Wayne, Sheboygan, dan Akron.

Dalam permainannya, NBL bermain di gymnasium kecil, BAA bermain di arena yang lebih besar seperti Boston Garde dan Madison Square Garden di New York.

Pada musim 1948 hingga 1949-an, BAA mulai menarik beberapa pemain terbaik di negara itu, salah satunya adalah pemain NBL yang pindah ke BAA.

George Mikan, daya tarik terbesar di kedua liga yang menjamin kesuksesan tim, membelot ke liga baru bersama Minneapolis Lakers.

Awal Mula NBA Terbentuk

Pada 3 Agustus 1949, perwakilan dari kedua liga, baik NBA maupun BAA bertemu di kantor BAA, di Empire State Building New York untuk menyatukan dua liga.

Maurice Podoloff, kepala BAA sejak awal terpilih Kembali menjadi kepala di liga baru, NBA.

NBA baru terdiri dari 17 tim yang mewakili kota-kota kecil dan kota-kota besar di seluruh negeri. NBA sempat mengalami kondisi terendah di mana jumlah tim dan penggemar berkurang. Hingga pada musim 1954, hanya tersisa delapan tim.

Namun, hingga saat ini, NBA menarik pemain dan jutaan penggemar dari negara-negara di seluruh dunia. NBA menjadi salah satu organisasi basket yang terkenal. (Uli)