28 Maret 1979 Kebocoran Nuklir Memicu Kepanikan Di Amerika Serikat

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Senin, 25 April 2022

Indolinear.com, Pennsylvania – Uap radioaktif bocor ke atmosfer di Pennsylvania, Amerika Serikat pada 28 Maret 1979.

Kecelakaan itu terjadi ketika sebuah pompa air mati di pabrik nuklir Three Mile Island, 10 mil (16 km) tenggara ibukota negara bagian Harrisburg.

Ada kekhawatiran beberapa dari 500 pekerja pabrik terkontaminasi, demikian seperti dikutip dari Liputan6.com (23/04/2022).

Pihak berwenang telah mengumumkan “keadaan darurat umum” tetapi tidak memberi tahu publik sampai lima jam setelah gas keluar pada pukul 04.00 waktu setempat.

Direktur Organisasi Pertahanan Sipil County (CCDO) Les Jackson mengatakan mereka telah menyusun rencana evakuasi, tetapi penduduk di dekatnya belum dipindahkan.

Dia menggambarkan pemandangan di pembangkit listrik besar di Sungai Susquehanna sebagai “rumah gila”.

Juru bicara Komisi Regulasi Nuklir Amerika Serikat (USNRC) Joe Fouchard mengatakan: “Ada banyak radiasi di gedung reaktor.”

Seorang juru bicara Metropolitan Edison – salah satu perusahaan yang menjalankan Three Mile Island – mengatakan reaktor nuklir secara otomatis ditutup setelah kerusakan, tetapi tidak sebelum kebocoran.

Menurut laporan Pemerintah AS, radiasi telah terdeteksi satu mil jauhnya, tetapi cuaca yang tenang telah membantu menahan penyebaran asap berbahaya.

Salah satu insinyur nuklir di Departemen Perlindungan Lingkungan Pennsylvania, William Dornsife, mengatakan: “Ada sangat sedikit angin pagi ini, jadi radioaktivitas seharusnya tidak terlalu jauh.”

“Pelepasan kecil apa yang ada di sana akan terbatas pada sekitar setempat,” lanjutnya.

Status darurat tetap sampai ada penyelidikan menyeluruh oleh tim dalam gugatan anti-radiasi.

Industri nuklir telah berada di bawah pengawasan yang meningkat di AS baru-baru ini.

Lima pabrik ditutup di sana hanya dua minggu lalu karena kekhawatiran efek gempa bumi pada menara pendingin.

Dalam Konteks

Kekhawatiran meningkat pada hari-hari setelah kecelakaan itu ketika penyelidikan menunjukkan kerusakan serius pada batang bahan bakar nuklir, yang mengancam pencairan pabrik.

Pihak berwenang merekomendasikan wanita hamil dan anak-anak di bawah usia sekolah yang tinggal dalam jarak lima mil dari lokasi harus dievakuasi.

Dan Gubernur Pennsylvania Dick Thornburgh memberikan peringatan bahwa empat kabupaten di sekitar Pulau Tiga Mil mungkin harus dibersihkan dari orang-orang juga.

Kecelakaan itu disebabkan oleh kombinasi kesalahan manusia dan kegagalan peralatan dan pabrik ditutup sebagian.

Three Mile Island tetap menjadi insiden nuklir terbesar dalam sejarah AS.

Ini telah menarik perhatian publik yang sangat besar, meskipun tidak ada yang meninggal sebagai akibat langsung dari kecelakaan itu dan kejatuhan radioaktif berikutnya.

Penelitian yang dirilis pada tahun 2002 menunjukkan insiden kanker di daerah tersebut tidak secara signifikan lebih tinggi daripada di tempat lain. (Uli)