Edukasi Pentingnya Keselamatan Dan Keamanan Beraktivitas Di Jalan Raya

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Minggu, 17 Juli 2022

Indolinear.com, Jember – Saat ini angka kecelakaan di jalan raya meningkat. Beberapa kasus di antaranya melibatkan anak di bawah umur, baik sebagai korban maupun penyebab kecelakaan lalu lintas.

Banyaknya kasus kecelakaan lalu lintas, salah satunya diakibatkan kurangnya kesadaran anak-anak terhadap keselamatan dan keamanan saat beraktivitas di sekitar jalan raya atau luar ruang. Berkaitan dengan hal tersebut, digelar program bertajuk Safety Riding Science for Kids dari PT Bussan Auto Finance (BAF) bekerja sama dengan Yamaha Indonesia Motor Mfg menyelenggarakan program Corporate Social Responsibility (CSR) BAF Caring for Children.

Dalam kegiatan tersebut, BAF mengajak anak asuh dan anak jalanan tingkat Sekolah Dasar dan tingkat Sekolah Menengah Pertama dari berbagai yayasan sebagai partisipan kegiatan CSR yang diadakan pada 4-7 Juli 2022, di Booth Yamaha Indonesia, Jakarta Fair Kemayoran, Jakarta.

Armando Lung selaku Managing Director BAF, mengungkapkan BAF sebagai Perusahaan Pembiayaan resmi sepeda motor Yamaha mempunyai andil untuk berpartisipasi aktif, dalam memberikan edukasi terkait keselamatan dan keamanan dalam beraktivitas di jalan raya sejak dini kepada generasi penerus bangsa.

“Kegiatan BAF Caring for Children Safety Riding Science for Kids ini merupakan wujud tanggung jawab sosial perusahaan sebagai langkah untuk mengantisipasi risiko kecelakaan di jalan raya akibat kelalaian dari para pengguna jalan. Kami sangat senang melihat anak-anak antusias ketika dibekali edukasi tentang keselamatan dan keamanan dalam beraktivitas di jalan raya atau luar ruang,“ ungkap pria yang akrab disapa Alung ini, dilansir dari Liputan6.com (15/07/2022).

Lebih lanjut, Frengky Rusli, Koordinator Chief Yamaha DDS Jabodetabek, menambahkan program ini merupakan kolaborasi pertama yang melibatkan BAF dalam kegiatan edukasi Yamaha Riding Academy dan Yamaha Safety Riding Science Kids (YSRS) di Jakarta Fair.

“Adapun inisiasi dan program YSRS Kids yang telah didirikan sejak 2014 merupakan salah satu bentuk kepedulian dan kontribusi kami sebagai Perusahaan ATPM sepeda motor dalam memberikan edukasi keselamatan beraktivitas di jalan raya kepada masyarakat, khususnya anak-anak,” jelasnya.

Lalu kegiatannya apa saja sih? Dalam penyelenggaraan BAF Caring for Children Safety Riding Science for Kids, anak-anak diberikan materi atau pemahaman cara menyeberang di jalan raya dengan aman, berjalan kaki di area trotoar.

Juga meningkatkan kewaspadaan akan kendaraan yang melintas saat bermain di sekitar atau dekat dengan jalan raya, pengenalan rambu lalu lintas melalui media komunikasi visual.

Selain itu, anak-anak juga dapat mencoba mengendarai motor Yamaha mini yang dibekali dengan peralatan berkendara yang lengkap sesuai standar keselamatan Yamaha Riding Academy. Namun yang harus digarisbawahi, adanya program tersebut tersebut bukan bertujuan untuk mengajari anak-anak berkendara motor sejak dini.

Melainkan sebagai bentuk edukasi dalam menerapkan perilaku mawas diri sebagai unsur yang wajib dilakukan dari setiap pengguna jalan, termasuk anak-anak. Dalam kesempatan itu, BAF juga turut membantu pendidikan anak-anak yang mengikuti kegiatan dengan memberikan perlengkapan sekolah, menyediakan paket makanan dan minuman ringan yang ditutup dengan acara makan malam bersama.

Melalui kegiatan ini, Alung berharap angka kasus kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak di bawah umur dapat berkurang. Lewat pembekalan teori dan praktik pentingnya keselamatan dan keamanan berkendara di jalan raya sejak dini, lanjut Alung, dia berharap edukasi ini dapat bermanfaat serta sukses diterapkan sehari-hari dalam beraktivitas di jalan raya atau luar ruang hingga saat mereka beranjak dewasa nanti akan mendapatkan izin resmi untuk bisa berkendara secara legal. (Uli)