FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Rabu, 18 Mei 2022

Indolinear.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana untuk bertemu CEO Tesla, Elon Musk dalam kunjungannya ke Amerika Serikat (AS) dalam beberapa waktu ke depan. Keduanya, akan membahas terkait industri nikel, sebagai salah satu bahan baku baterai untuk kendaraan listrik.

Dilansir dari Liputan6.com (16/05/2022), Ditegaskan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, perwakilan dari Tesla saat ini berada di Indonesia, dan akan mengunjungi pusat produksi nikel di Morowali, Sulawesi Selatan.

“Mereka akan berkunjung ke Morowali. Mereka sangat puas dengan data yang mereka terima selama ini,” ujar Luhut.

Sebelumnya, saat Luhut bertemu dengan Elon Musk di Texas, beberapa waktu lalu, dalam unggahan di akun Instagram @luhut.pandjaitan, sang menteri tidak menyangka bisa disambut dengan ramah dan bersahabat oleh pendiri mobil listrik asal Negeri paman Sam tersebut.

“Selama kurang lebih satu jam, saya menyampaikan potensi bahan baku baterai kendaraan listrik yang saat ini sedang kami eksplorasi terus lewat program hilirisasi mineral,” tulis Luhut sebagai caption dalam unggahannya, .

Lanjut Luhut, ia melihat antusiasme dan ketertarikan dari wajah Elon Musk, terkait potensi besar Indonesia untuk bisa mendukung industri kendaraan listrik global.

Namun, ia juga penasaran, kenapa dalam beberapa waktu lalu, Elon Musk sedikit kaku dengan beberapa aturan terkait industri kendaraan listrik dan pengolahan nikel di Indonesia.

“Terlepas dari hal tersebut, yang paling melegakan bagi saya adalah saat Elon Musk menyampaikan alasan ketertarikannya kepada kerja sama kali ini, yaitu karena paparan saya tentang potensi besar Industri Nikel di Indonesia yang mengubah persepsinya karena ia anggap sangat menjanjikan untuk mampu, menyuplai bahan baku baterai mobil listrik, yang sangat dibutuhkan oleh Tesla,” tegasnya. (Uli)