FOTO: kompas.com/indolinear.com
Selasa, 18 Januari 2022

Indolinear.com, Jakarta – Pemberian penghargaan dalam ajang The Best FIFA Football Awards 2021 akan digelar di Zurich, Swiss, Senin (17/1/2022).

FIFA selaku induk sepak bola dunia telah mengumumkan nominasi finalis dalam penganugerahan The Best FIFA Football Awards 2021 pada awal Januari 2022 lalu.

Hasilnya dalam nominasi finalis kategori penghargaan Pemain Terbaik Pria FIFA 2021 ada nama Lionel Messi.

Megabintang Argentina tersebut akan bersaing dengan dua nama lain yang tersisa, yakni Mohamed Salah dan Robert Lewandowski.

Apa Itu The Best FIFA Football Awards?

The Best FIFA Football Awards adalah ajang penganugerahan kepada pelaku sepak bola dunia yang digagas oleh Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA).

Acara penganugerahan ini baru muncul pada tahun 2016, dilansir dari Kompas.com (17/01/2022).

Kategori The Best FIFA Football Awards terdiri dari pemain, pelatih, kiper terbaik masing-masing untuk pria dan wanita.

Bukan hanya itu saja, ada kategori lainnya seperti FIFA Puskas Award (gol terbaik), FIFA Fan Award, dan FIFA Fair Play Award.

Sebelum The Best FIFA Football Awards, FIFA pernah menjalankan penghargaan dengan tema FIFA World Player of the Year mulai tahun 1991 hingga 2009.

Akan tetapi, penghargaan FIFA World Player of the Year “hilang” dari 2010 hingga 2015.

Hal itu dikarenakan FIFA World Player of the Year digabungkan dengan Ballon d’Or sehingga namanya menjadi FIFA Ballon d’Or.

Namun, kerja sama ini berakhir pada 2015. Sebagai gantinya, FIFA memperkenalkan The Best FIFA Football Awards karena nama Ballon d’Or digagas pertama kali oleh France Football.

Untuk sistem pemungutan suara atau penilaian menentukan pemenang The Best FIFA diputuskan melalui perhitungan lewat suara yang masuk dari setiap kapten tim nasional, pelatih tim nasional, jurnalis terpilih, dan fans.

Adapun bentuk trofi penganugerahan The Best FIFA terbuat dari platinum dan karbon, yang menyerupai trofi Piala Dunia. (Uli)