22 Warga Sipil Yaman Tewas Akibat Serangan Roket Houthi

Kamis, 22 Oktober 2015
Info Banten | Uploader Arif
loading...

SANAA – Setidaknya 22 warga sipil di Kota Taez, Yaman, dinyatakan tewas akibat serangan roket yang ditembakkan oleh para pemberontak Houthi.

Seorang pejabat militer Yaman mengatakan, roket-roket Katyusha menghantam kota tersebut pada Rabu, 21 Oktober waktu setempat. Menurut pejabat tersebut, roket-roket itu ditembakkan oleh pemberontak Syiah Houthi dan sekutunya, pasukan loyalis mantan Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh.

“Rumah sakit Al-Mutahideen telah menerima 22 jasad warga sipil,” ujar sumber medis seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (22/10/2015).

Kota Taez berada di bawah kendali pasukan pendukung Presiden Abedrabbo Mansour Hadi. Namun selama ini kota tersebut dikepung oleh para pemberontak Houthi dan pendukung Saleh. Houthi dan sekutunya dilaporkan

Organisasi HAM, Human Rights Watch (HRW) juga menyatakan, pemberontak Houthi dan pasukan pendukung Saleh beberapa kali menembakkan roket dan mortir ke kawasan-kawasan penduduk di Taez.

“Pasukan pro-Houthi harus mengambil semua langkah untuk meminimalisir bahaya bagi warga sipil … dan menangkap para komandan yang bertanggung jawab atas serangan-serangan yang melanggar hukum itu,” demikian disampaikan HRW.

Pemberontak Houthi mulai menguasai ibukota Sanaa pada September 2014 lalu dan berlanjut dengan menguasai wilayah-wilayah lainnya, dengan dibantu pasukan pendukung Saleh.

Menurut PBB, sekitar 4.500 warga sipil Yaman telah tewas sejak Maret lalu, ketika Arab Saudi dan koalisi negara-negara Teluk mulai melancarkan serangan udara terhadap Houthi.

(AFP/ril)

Sumber : pojoksatu.id