22 Mei 1969 Detik-Detik Misi Apollo 10 Sukses Memotret Bulan

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Kamis, 18 Juni 2020
KONTEN MILIK PIHAK KETIGA. BERISI PRODUK BARANG, KESEHATAN DAN BERAGAM OBAT KECANTIKAN. MARI JADI PENGGUNA INTERNET SEHAT DAN CERDAS DENGAN MEMILAH INFORMASI SESUAI KATEGORI, USIA DAN KEPERLUAN.
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Dua astronaut Amerika Serikat di pesawat Apollo 10 sedang dalam perjalanan kembali ke pusat keselamatan kapal induk mereka, setelah misi modul Bulan mereka mencapai jarak delapan mil laut (14 km) dari permukaan Bulan.

Pada titik ini, mereka bisa melihat dan mengabadikan foto Bulan secara langsung, demikian dikutip dari Liputan6.com (16/06/2020).

Kala itu, Kolonel Thomas Stafford dan Komandan Eugene berada di modul bulan (LM) yang dijuluki Snoopy dan akan bergabung kembali dengan modul perintah (alias Charlie Brown) yang dikemudikan oleh Komandan John Young 50 mil (80km) di atas Bulan.

“Snoopy” membuat dua lompatan atas situs pendaratan yang direncanakan untuk Apollo 11 sebelum membuat pertemuan yang sukses dengan “Charlie Brown”, dilansir dari Liputan6.com (16/06/2020).

Setelah sapuan pertama dengan kecepatan suara enam kali lipat, Kolonel Stafford mengatakan bahwa mereka telah mengambil begitu banyak foto Bulan.

Kami baru saja melihat Bumi muncul di tepi cakrawala Bulan dan itu luar biasa. Jika misi gagal mengembalikan gambar dari kemungkinan lokasi pendaratan dan mendekatinya, itu akan menjadi pukulan serius bagi perencana Apollo.

Mereka ingin memastikan astronaut Neil Armstrong dan Buzz Aldrin memiliki pendaratan yang aman di Apollo 11.

Berhasil Mengumpulkan Foto Bulan

Tetapi Kolonel Stafford berhasil mendapatkan pandangan yang baik tentang permukaan yang ia gambarkan sebagai lokasi pendaratan yang “sangat halus, seperti tanah liat basah”.

Komandan Cernan kemudian melaporkan untuk ruang kendali di Houston: “Kami baru saja melihat Bumi. Bumi muncul di tepi cakrawala Bulan dan itu luar biasa. Akan menyenangkan untuk berada di sini lebih sering.”

Ini adalah peluncuran Apollo berawak keempat dalam tujuh bulan. Diharapkan misi akan membawa kembali banyak warna dan gambar bergerak Bulan dan pemandangan Bumi.

Sementara itu pada tanggal yang sama tahun 1568, tercatat sebagai momen Belanda merdeka dari Spanyol. Sedangkan 23 Mei 1934, duo perampok bank Amerika Serikat, Bonnie dan Clyde, disergap polisi dan ditembak mati di Black Lane, Louisiana. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: