FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Selasa, 22 Oktober 2019

Indolinear.com, Jakarta – Cara diet yang tengah populer untuk diterapkan adalah juicing diet. Cara ini diyakini mampu mendetoks tubuh secara cepat dan juga bermanfaat membantu menurunnya berat badan.

Seperti namanya, ketika melakukan diet ini, seseorang bakal mengonsumsi makanan dan minuman dalam bentuk jus. Biasanya mereka mengonsumsi buah dan sayur tertentu yang sudah diolah menjadi bentuk jus.

Cara ini disebut bisa sangat mudah dan memenuhi kebutuhan berbagai nutrisi dari sayur dan buah yang ditawarkan. Cara ini tentu bisa sangat sehat karena memenuhi sejumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Walau cara ini bisa sangat berdampak positif dan mudah diterapkan, namun ternyata terdapat dampak positif. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah dampak yang bisa terjadi ketika kamu menerapkan juicing diet.

Memiliki Kandungan Gula Tinggi

Buah memiliki kandungan fruktosa atau kandungan gula yang sangat tinggi. Ketika kandungan gula sudah terlalu banyak, maka terdapat risiko terhadap sejumlah masalah kesehatan seperti diabetes tipe 2, serta meningkatnya berat badan dan gula darah. Mengonsumsi jus buah terlalu sering bisa meningkatkan risiko obesitas serta masalah metabolik.

Pilihan Buah Bisa sebabkan Masalah Ginjal

Beberapa buah dan sayur seperti cranberries, bayam, dan kacang memiliki kandungan oksalat yang tinggi dan bisa menyebabkan gagal ginjal. Selain itu, pada sejumlah buah dan sayur non-organik, terdapat kemungkinan masih adanya kandungan pestisida yang bisa menjadi racun dan berdampak buruk pada tubuh.

Tidak Bisa Diterapkan untuk waktu Lama

Walau buah mengandung banyak nutrisi dan manfaat yang sangat baik untuk tubuh, namun buah memiliki kekurangan dari segi kalori. Oleh karena itu, cara ini tidak dapat diterapkan untuk jangka waktu lama karena cara diet ini bisa memperlambat metabolisme tubuh dan membuat tubuh kekurangan kalori.

Kurang Protein dan Lemak

Protein dan lemak merupakan nutrisi yang sangat penting agar tubuh bekerja dengan seimbang. Sayangnya kandungan dua nutrisi ini sangat sedikit pada sayur dan buah. Oleh karena itu, kamu tidak bisa melakukan diet ini tanpa disertai makanan lain yang mengandung protein dan lemak yang dibutuhkan tubuh.

Walau memang berdampak sehat bagi tubuh dan dalam menurunkan berat badan, cara diet ini perlu diimbangi konsumsi makanan sehat lainnya. dengan nutrisi yang seimbang maka kamu tidak bakal mengalami masalah lebih lanjut dan kerja tubuh bakal tetap berjalan dengan lancar. (Uli)