Lima Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah yang Mudah Dicoba Di Rumah

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Jumat, 16 Agustus 2019

Indolinear.com, Jakarta – Bibir pecah-pecah menjadi masalah yang bisa muncul kapan saja, bahkan setiap tahun. Udara dingin dan kering biasanya menjadi penyebab utama bibir menjadi pecah-pecah.

Selain udara, ada banyak penyebab bibir pecah-pecah seperti efek paparan sinar matahari berlebih ataupun penggunaan produk kecantikan yang berpengaruh pada kelembaban bibir.

Apabila bibir pecah-pecah sudah parah, bisa mengakibatkan bibir berdarah dan kulit bibir mengelupas, dilansir dari Dream.co.id (31/07/2019).

Untuk mengatasi bibir pecah-pecah, Sahabat Dream bisa menggunakan lip balm. Tapi kamu harus kuat menahan perih saat usapan lipstik khusus itu menyentuh bibir.

Tak mau ambil risiko, kamu bisa melakukan cara mengatasi bibir pecah-pecah yang paling efektif dengan menggunakan pengobatan alami yang bisa dibuat di rumah.

Pengobatan alami bisa dilakukan dengan membuat lip scrub dari bahan-bahan alami, seperti cara mengatasi bibir pecah-pecah di bawah ini.

Memulai Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah dengan Lip Scrub

Saat bibir mengalami pecah-pecah dan terasa kering, kulit bibir biasanya mengelupas. Cara mengatasi bibir pecah-pecah yang paling utama adalah melakukan scrubing atau menggosok bibir pelan untuk mengangkat kulit yang pecah.

Sahabat Dream bisa membuat lip scrub sendiri di rumah dengan bahan-bahan sederhana, seperti teh, gula, garam kasar, madu, dan minyak alami.

Bahan-bahan tersebut dibedakan menjadi dua fungsi, yang pertama sebagai pengelupas dan emolien. Gula dan garam termasuk dalam bahan yang berfungsi sebagai pengelupas, sedangkan madu dan minyak alami tergolong dalam bahan yang berfungsi sebagai emolien.

Untuk membuat lip scrub yang ampuh, kita bisa mencampurkan dua bahan tersebut dan mengoleskannya pada bibir.

Baru setelah selesai mengoleskan dan menggosok kulit bibir dengan dua bahan tersebut, Sahabat Dream perlu melakukan perawatan untuk mengatasi rasa perih, dan melembabkan kulit bibir.

Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah dengan Minyak Kelapa

Salah satu cara mengatasi bibir pecah-pecah ialah dengan minyak kelapa. Kulit pada bibir lebih sensitif pada unsur-unsur seperti angin, panas, dan dingin, dibandingkan dengan kulit di bagian tubuh lain.

Kondisi itu membuat kamu membutuhkan bahan yang alami dan aman untuk mengatasi bibir pecah-pecah.

Minyak kelapa merupakan bahan yang bersifat sebagai emolien yang baik untuk melembabkan kulit. Hampir sama dengan pemakaian lip scrub, minyak kelapa juga bisa langsung dioleskan pada bibir.

Cara mengoleskannya bisa menggunakan kapas, atau jari yang sudah bersih. Untuk mendapatkan minyak kelapa juga tidak sulit, terlebih di wilayah tropis seperti Indonesia.

Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah dengan Aloe Vera

Selain menggunakan minyak kelapa alami, cara mengatasi bibir pecah-pecah yang ampuh, juga bisa menggunakan aloe vera. Lidah buaya atau aloe vera dikenal memiliki anti inflamasi dan baik digunakan untuk mengobati luka kulit.

Kamu bisa langsung mengoleskan daging aloe vera yang sudah dibersihkan ke bibir yang pecah-pecah. Selain itu, kita juga bisa menggunakan aloe vera yang sudah menjadi gel. Yang menyenangkan, aloe vera bisa disimpan kembali ke dalam botol.

Kandungan enzim dalam lidah buaya memiliki sifat pengelupasan yang ringan, sehingga Sahabat Dream hanya bisa menggunakannnya dua hingga tiga kali sehari.

Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah dengan Madu

Banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dari madu. Tidak hanya kesehatan tubuh, madu yang mengandung sifat anti mikroba dan anti inflamasi juga baik digunakan untuk mengatasi bibir pecah-pecah.

Madu telah lama digunakan sebagai bahan pengobatan alami, mulai dari perawatan kulit hingga mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Madu juga dijadikan sebagai cara mengatasi bibir pecah-pecah dengan melembabkan bibir dan mampu mengangkat kulit mati pada bibir. Cara penggunaan madu, sangat mudah. Cukup dengan mengoleskan madu ke bibir yang pecah-pecah dan biarkan sepanjang hari.

Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah dengan Buah Alpukat

Cara mengatasi bibir pecah-pecah selanjutnya ialah menggunakan buah alpukat yang sudah menjadi mentega. Mentega alpukat dipercaya mampu bekerja dengan baik sebaagi pelembut dan pengental pada lip balm.

Berbeda dengan jenis mentega lain, mentega dari buah alpukat tidak berminyak dan sangat mudah diserap kulit. Selain itu, mentega alpukat mengandung asam lemak dan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kulit.

Sahabat Dream bisa membuat mentega alpukat sendiri di rumah, dengan menghaluskan alpukat dan mengoleskannya pada bibir dengan jari atau kapas.

Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah dengan Minyak Jeli

Cara mengatasi bibir pecah-pecah tidak hanya bisa menggunakan minyak kelapa, berdasarkan rekomendasi dari American Academy of Dermatology, penggunaan minyak jeli putih juga mampu melembabkan dan menyejukkan bibir yang pecah-pecah.

Minyak jeli berbentuk hampir sama dengan campuran minyak dan lilin. Untuk bisa memperoleh minyak jeli, Sahabat Dream bisa membelinya secara online dengan menuliskan kata kunci “ Petroleum Jelly”. (Uli)