130 Anggota DWP Tangsel Belajar Table Manner

FOTO: sopy/indolinear.com
Rabu, 10 Juli 2019

Indolinear.com, Tangsel – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Pelatihan Table Manner di Soll Marina Hotel Serpong Utara, Tangsel pada Selasa, 9 Juli 2019.

Menurut Ketua DWP Tangsel Endah Muhamad, istilah table manner merupakan suatu aturan atau etika makan dalam sebuah jamuan resmi yang terdiri dari beberapa tahap. Menu jamuan yang dihidangkan bergantian dari mulal pembuka (appetizer) sampai pada tahap penutup (dessert).

“Pada aturan makan ini, seorang penikmat hidangan mesti mengetahui aturan-aturan, etika dan sopan santun yang berlaku selama jamuan makan berlangsung,” kata Endah.

Selain aturan penggunaan peralatan makan, perlu diperhatikan juga diantaranya etika duduk, etika makan dan minum, serta etika berbicara pada saat acara jamuan berjalan.

“Table manner selama ini identik dengan acara jamuan makan resmi bergaya barat. Akan tetapi di negara lain seperti Jepang, Cina, termasuk di indonesia pun, dikenal etika makan,” bebernya.

Table manner atau etika makan diperkenalkan oleh bangsa eropa yang menggunakan aturan standar terutama saat bersantap bersama-sama di sebuah acara resmi atau acara makan bersama di keluarga besar. Meskipun sebenarnya etika tersebut telah ada jauh sebelum peradaban eropa menyebar ke seluruh dunia.

“Jika kita mampu menunjukkan sopan santun di meja makan, sebenarnya secara tidak langsung menunjukkan kualitas pergaulan, intelektualitas dan etika pergaulan kita sendirl dan etika makan tidak dibentuk secara tlba-tiba,” katanya.

Kualitas etika makan harus dilakukan sejak usia anak-anak dan remaja. Dengan kebiasaan sehari-hari melakukan etika makan yang baik merupakan proses pembelajaran yang nantinya menjadi hal penting untuk anak tersebut. Bila etika makan dibentuk secara instan maka akan menghasilkan kualitas etika makan yang canggung dan tidak luwes.

Bila seseorang diundang di sebuah restoran terkenal atau jamuan makan malam resmi dengan meja makan yang sudah di setting sedemikian rupa harus mengikuti aturan etika makan yang baik. Setiap negara memiliki aturan meja makan yang berbeda-beda.

Untuk masyarakat Indonesia, khususnya di kalangan profesional, table manner paling banyak diadopsi dari standar Amerika. meski tentu saia tetap dicampur dengan adat kebiasaan orang Indonesia itu sendiri.

Berkaitan dengan tema kegiatan kita hari ini yakni pentingnya pengetahuan table manner bagi ibu-ibu anggota DWP Tangsel,  apabila mendapat undangan jamuan makan resmi maka tidak perlu canggung lagi di meja makan.

“Oleh karena itu, tidak pernah ada kata terlambat untuk selalu belajar dan mempelaiari hal-hal positif yang bermanfaat untuk kita sendiri. Marilah kita mengikuti pelatihan table manner ini dengan baik,” jelasnya.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama dua hari mulai 9 hingga 10 Juli 2019 ini diikuti oleh 130 anggota DWP Tangsel. Hari pertama untuk ketua DWP OPD dan Kecamatan beserta anggota, sedangkan hari kedua untuk ibu Lurah dan anggota.

Sementara, Sekretaris Daerah Pemkot Tangsel Muhamad sekaligus sebagai penasehat DWP memberikan apresiasi dalam kegiatan tersebut.

“Dengan kegiatan ini kita harap anggota DWP dapat menambah ilmu dan wawasan tentang table manner. Kami juga minta ada kegiatan-kegiatan lainnya yang berguna untuk anggota DWP,” bebernya.(Sopy)

INDOLINEAR.TV