12 Tips Untuk Menurunkan Berat Badan, Yang Perlu Dicoba

FOTO: brilio.net/indolinear.com
Minggu, 14 April 2019

Indolinear.com, Jakarta – Siapa sih yang tidak ingin memiliki tubuh ideal? Hampir semua orang menginginkannya. Beragam cara dilakukan, dari cara yang alami sampai instan. Tapi tahukah kamu ada beberapa tips efektif dan sederhana yang bisa menurunkan berat badan kamu lho! Berikut 12 tips tersebut yang perlu kamu coba yang dilansir dari Brilio.net (12/04/2019).

  1. Sarapan pagi.

Kamu harus rajin sarapan pagi dengan makanan yang mengandung protein dan lemak sehat. Menu sarapan ini akan membuatmu kenyang lebih lama dan membantu mencegah keinginan ngemil di siang hari.

  1. Cemilan sehat.

Kamu bisa ngemil dengan buah dan sayur. Selain mengenyangkan, buah dan sayur juga mengandung nutrisi, serat yang tinggi, serta lemak dan kalori yang rendah lho!

  1. Makan karbohidrat dan lemak sehat.

Makanan karbohidrat dengan serat tinggi akan lebih lama dibakar oleh tubuh sehingga tidak membuat kamu cepat lapar, contohnya kacang-kacangan. Kamu juga bisa memakan makanan yang mengandung lemak sehat seperti alpukat.

  1. Minum air putih.

Air putih merupakan minuman sehat mengenyangkan yang tidak mengandung kalori, berbeda dengan alkohol dan soda yang tinggi kalori. Jika kamu ingin minum minuman manis, kamu bisa meminum jus buah tanpa pemanis.

  1. Periksa label makanan kamu.

Kamu juga harus memeriksa label makanan dan minuman yang akan kamu konsumsi, apakah mengandung gula dan lemak? Setelah itu kamu bisa menghitung kalorinya.

  1. Menggunakan piring yang lebih kecil.

Jika kamu menggunakan pring yang lebih kecil, kamu akan terdorong untuk memakan makanan dengan porsi yang lebih kecil juga lho!

  1. Perlambat makan.

Makan dengan perlahan juga bisa menjadi cara menurunkan berat badan kamu lho!

  1. Jangan terlalu menyukai makanan.

Jika kamu sangat menyukai suatu makanan, tetapi kamu melarang diri kamu memakannya, hal ini akan membuat kamu ngidam dan makan makanan tersebut dengan porsi yang besar. Kamu bisa sesekali memakan makanan kesukaanmu, tetapi dalam porsi yang lebih kecil ya.

  1. Membuat daftar belanja.

Kamu bisa membuat daftar belanja makanan dan cemilan sehat untuk satu minggu kedepan, dan saat kamu pergi berbelanja, kamu harus mematuhi daftar itu.

  1. Olahraga.

Aktivitas ini sangat penting untuk membakar kalori di tubuh kamu, jalan cepat adalah contoh olahraga yang bisa kamu lakukan setiap hari.

  1. Tidur yang cukup.

Jika kurang tidur, tubuhmu bisa mengalami gangguan metabolisme dan dapat memengaruhi berat badan kamu.

  1. Hindari makan 2 jam sebelum tidur.

Jika kamu makan 2 jam sebelum tidur, kualitas tidur kamu akan terganggu dan hal ini bisa meningkatkan berat badanmu.

Nah, itulah 12 tips efektif dan sederhana yang bisa kamu coba untuk menurunkan berat badanmu. Selamat mencoba! (Uli)