12 Tanda-Tanda Menstruasi Akan Tiba Dan Tips Merawat Miss V

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Jumat, 22 Maret 2019

Indolinear.com, Jakarta – Haid atau menstruasi adalah hal alami yang pasti terjadi pada semua wanita sejak saat menginjak masa pubertas. Normalnya, menstruasi berlangsung selama 5 hingga 7 hari dengan siklus umumnya adalah 28 hingga 35 hari.

Namun, nyatanya hal ini tidak terjadi pada semua wanita. Terkadang tidak rutin sekali dalam sebulan, bisa saja sekali dalam dua bulan atau tiga bulan.

Sebelum kedatangan tamu bulanan, biasanya ada beberapa tanda yang dialami wanita. Ada beberapa tanda fisik atau mental yang bisa menunjukkan bahwa menstruasi segera datang.

Mengetahui tanda-tanda menstruasi akan datang bisa membantu wanita siap dan waspada. Untuk itu, berikut dilansir dari Liputan6.com (21/03/2019) 12 tanda-tanda menstruasi yang umum terjadi pada wanita, Selasa (19/3/2019).

Tanda-tanda Menstruasi

  1. Nyeri pada bagian tubuh tertentu

Kram menstruasi seringkali dirasakan sebelum menstruasi dimulai. Wanita akan merasakan rasa nyeri di beberapa bagian tubuh, termasuk punggung, paha dan perut. Kram perut adalah salah satu tanda yang sering terjadi pada wanita menjelang menstruasi.

  1. Payudara terasa lebih lembut

Tanda-tanda menstruasi bisa dilihat dari kondisi payudara. Payudara menjadi terasa lembut dan terkadang berat sebelum menstruasi.

  1. Nyeri pada payudara

Banyak wanita yang mengeluhkan rasa nyeri pada payudara menjelang menstruasi. Bahkan, tekanan lembut pada payudara bisa menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Ketika terjadi nyeri pada payudara terutama pada sisi terluarnya, kemungkinan ini adalah tanda-tanda menstruasi akan segera datang.

  1. Sakit kepala

Sebelum menstruasi, sebagian wanita merasakan rasa sakit di kepala dan rasa malas yang muncul begitu saja. Hal tersebut tentu terjadi secara alami. Sakit kepala berkaitan dengan perubahan kadar estrogen tubuh yang mengganggu hormon di otak.

  1. Merasa haus

Para wanita akan mengalami retensi air beberapa hari sebelum periode menstruasi datang. Perbanyak minum air untuk menghindari dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

  1. Ngidam

Ngidam tidak hanya terjadi saat kehamilan saja, tetapi juga saat menjelang menstruasi. Tanpa alasan jelas, wanita akan merasa sangat ingin makan sesuatu serta mengalami lonjakan nafsu makan yang tidak biasa.

  1. Perubahan suasana hati

Perubahan suasana hati sering dialami oleh wanita menjelang menstruasi. Seorang wanita tiba-tiba akan merasa sangat sedih atau senang tanpa alasan yang jelas. Bahkan tak jarang, perasaan sensitif itu membuat wanita merasa mudah marah dan naik pitam.

  1. Kelelahan

Banyak wanita menderita kelelahan dan kemalasan sebelum menstruasi datang. Merasa malas dan mengantuk? Ini merupakan tanda-tanda menstruasi. Biasanya, kelelahan yang terjadi akan disertai dengan susah tidur.

  1. Jerawat

Jika tiba-tiba jerawat tumbuh pada wajah, bisa jadi ini adalah tanda tamu bulanan akan datang. Jerawat yang muncul disebabkan oleh kadar hormon progesteron yang semakin meningkat menjelang menstruasi. Hormon tersebut akhirnya meningkatkan produksi minyak sebum, lalu bercampur dengan kotoran dan sel kulit mati yang menyebabkan jerawat.

  1. Perut kembung

Perut yang kembung mungkin termasuk dalam tanda-tanda menstruasi akan segera tiba. Perut kembung terjadi karena perubahan hormon dan juga makanan yang dikonsumsi. Kamu bisa mencoba mengurangi asupan makanan tinggi garam dengan mengonsumsi buah dan sayuran untuk mengurangi perut kembung.

  1. Miss V kering

Keluarnya cairan putih sebelum menstruasi itu sangat normal. Namun, beberapa wanita tidak mengalami hal itu, terdapat tanda-tanda menstruasi yang kerap dialami wanita yaitu berupa kekeringan Miss V.

  1. Sekresi Miss V

Hanya sedikit wanita yang mengalami Miss V kering. Tapi banyak wanita yang mengeluarkan cairan seperti susu putih sehari atau dua hari sebelum menstruasi. Ini merupakan tanda-tanda menstruasi akan datang sebentar lagi.

Tips Merawat Miss V Saat Menstruasi

Menjaga kebersihan diri sudah semestinya dilakukan oleh setiap wanita, tidak terkecuali saat menstruasi. Justru di fase peluruhan dinding rahim ini, kondisi higienis harus sangat diperhatikan.

Namun yang harus diketahui, kamu harus tetap menjaga kebersihan saat datang bulan dengan mengganti pembalut dalam durasi tertentu. Yaitu dengan menggantinya 3 hingga 4 jam sekali.

Selain itu, harus rutin mengganti celana dalam. Utamakan celana yang berbahan katun dan tidak terlalu ketat. Celana yang longgar dapat menghindari gesekan langsung antara pembalut dan Miss V.

Gesekan tersebut bisa menimbulkan luka atau iritasi pada organ genetikal. Karena tekanan dari celana luar yang dipakai yang kasar akan melukai Miss V dan daerah sekitarnya.

Kedua, cukur bulu rambut kemaluan menjelang menstruasi agar bakteri yang ada di rambut kemaluan tidak naik ke dalam organ vital karena ada darah haid. Mencukur bulu kemaluan dengan tepat dapat membantu proses pembersihan produk kelenjar minyak atau keringat sehingga Miss V tidak bau.

Ketiga, bersihkan secukupnya dengan air bersih bila ada pendarahan. Pemakaian sabun untuk organ intim yang bersifat antiseptik seperti sirih, kapur, dan semacamnya sebaiknya jangan terlalu sering digunakan pada organ intim. (Uli)