Warga Sirnasari Kabupaten Bogor Ini Ubah Sampah Jadi Batako

pojoksatuid/indolinear.com
Minggu, 11 Maret 2018

Indolinear.com , Bogor – Jika sampah biasanya selalu menjadi permasalahan di masyarakat, hal itu tak berlaku bagi Mad Yunus, warga Kampung Serna, RT 10/05, Desa Sirnasari, Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Bogor. Pria berusia 43 tahun itu, berhasil menyulap  sampah menjadi barang yang bermanfaat, yakni batako.

Dia berhasil membuat batako dari sampah plastik. Sampah itu diambilnya dari pemukiman-pemukiman warga dan jalanan, kemudian  disulap sedemikian rupa menjadi salah satu material bangunan tersebut.

”Tak hanya sampah plastik, sampah organik juga dapat diolah menjadi batako,” ujarnya.

Mad Yunus menambahkan tujuan utama membuat batako dari sampah plastik untuk memberantas sampah yang mencemari lingkungan.

“Sampah selama ini menjadi masalah klasik yang tak kunjung tuntas. Nah, saya mencoba untuk mengurangi volume sampah dengan mengubahnya menjadi batako,”bebernya seperti dikutip dari Pojoksatu.id, Minggu (11/3/2018).

Selain peduli akan lingkungan, pembuatan batako dari sampah juga sangat ekonomis. Pengelolaannya pun cukup mudah. Sampah plastik yang telah disortir, direbus hingga mendidih lalu dicetak dengan diameter 20 sentimeter dan ketebalan 6 sentimeter.

“Ketahanan batako ini juga cukup bagus. Dijamin kuat,” tegasnya. (Gie)

%d blogger menyukai ini: