Warga Mulai Rasakan Kegunaan SIARAN TANGSEL Sebagai Aplikasi Pelayanan Umum

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany dalam Peluncuran SIARAN TANGSEL/eksklusif for indolinear.com

Indolinear.com, Tangsel – Pemerintah Kota Tangerang Selatan meluncurkan aplikasi pengaduan masyarakat berbasis android pada 9 Maret 2017 lalu. Nama aplikasi dimaksud SIARAN TANGSEL, yang sudah bisa diunduh melalui Google Play Store di handphone berbasis android. Alhasil, warga mengaku sudah merasakan manfaat dari aplikasi dengan tag line 3 L (Lihat-Lapor-Lega).

Aplikasi ini sendiri resmi diluncurkan oleh Walikota Tangsel Hj Airin Rachmi Diany sebagai lanjutan dari pembangunan Kota Tangerang Selatan berbasis Smart City. Bagi perempuan yang sudah dua kali menjabat sebagai Wali Kota Tangsel ini, smart city sudah menjadi sebuah keharusan untuk meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat, khususnya warga Tangsel.

Aplikasi SIARAN TANGSEL, memiliki misi untuk dapat merespon keluhan warga seputar pelayanan umum, sosial dan lainnya yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab pemerintah. Sebut saja, masalah sampah, kemacetan, banjir, parkir liar, infrastruktur, fasilitas publik, dan sejenisnya. Pemkot Tangsel dengan semangat era keterbukaan publik serta pelayanan yang cepat dan prima menginginkan laporan yang langsung dari ‘tangan pertama’ utuk dapat cepat didistribusikan kemasing-masing dinas terkait yang menangani laporan dimaksud.

“Dari aplikasi ini, saya bisa melihat sudah sejauh mana tindaklanjut laporan dari masyarakat. Jadi, memudahkan saya melakukan monitoring. Jadi tidak ada alasan lagi bagi OPD untuk menunda-nunda pekerjaan atau laporan warga Tangsel,” kata Walikota Airin.

Walikota Airin menambahkan pemerintahan yang dipimpinnya saat ini akan terus meningkatkan penggunaan teknologi informasi dalam memenuhi kebutuhan pelayanan masyarakat. Sudah ada beberapa teknologi yang telah diterapkan, seperti, sistem aplikasi perizinan online, pajak online, pendidikan online, wifi gratis di 100 titik dan sms gateway.

“Masyarakat bisa langsung melaporkan kepada kami dan dijamin masuk ke OPD yang bersangkutan. Kota Tangsel dengan motto modern, cerdas dan religius harus diarahkan menggunakan teknologi terkait dengan peningkatan pelayanan,” tegas walikota.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kadiskominfo) Ismunandar mengutarakan, SIARAN TANGSEL memiliki dua manfaat, yaitu memangkas waktu, artinya mekanisme pelaporan dan penugasan menjadi lebih singkat. Kedua, memangkas jarak, artinya masyarakat memiliki akses langsung untuk berinteraksi dengan pihak Pemerintah Kota, tanpa harus melakukan mobilisasi secara fisik. Ismunandar menambahkan untuk mengunduh aplikasi SIARAN TANGSEL pun cukup mudah. Dapat dilakukan melalui Google Play Store.

“SIARAN TANGSEL ini dibangun untuk meningkatkan pelayanan masyarakat dengan cepat,” ucapnya.

Kepala Bidang Pengelolaan Teknologi Informasi, Komunikasi dan Persandian Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tb. Asep Nurudin, mengatakan, aplikasi ini bukan hanya untuk melaporkan, tetapi juga menugaskan. Termasuk juga mengevaluasi kinerja para petugas terkait yang berada di lapangan, karena aplikasi ini terintegrasikan dengan aplikasi OPD lainnya.

Berdasarkan data yang didapat, sejak diluncurkan pada Maret 2017 lalu, SIARAN TANGSEL sudah diunduh oleh 1000 pengguna yang mayoritas merupakan warga Tangsel. Selanjutnya dari jumlah pengunduh, telah masuk 245 laporan.

Indolinear.com pun sempat mewawancarai salah satu warga terkait dengan penggunaan aplikasi SIARAN TANGSEL. Annisa Fitrah, warga yang berdomisili di bilangan Serpong kepada indolinear.com mengaku, sudah mendownload dan menggunakan Aplikasi SIARAN TANGSEL. Setidaknya Annisa pernah melaporkan permasalahan mengenai tumpukan sampah di kawasan tinggalnya. Dan ternyata menurut Annisa, laporannya tersebut cukup mendapat respon dari dinas terkait.

“Sejak menggunakan aplikasi ini, saya tahu harus melaporkan kemana jika ada masalah yang terjadi. Seperti soal sampah yang menumpuk di jalan karena tidak diangkut-angkut,” jelas Annisa.(ADV)