Tiga Tips Perjalanan Hemat Naik Kereta Api

brilionet/indolinear.com
Senin, 8 Januari 2018

Indolinear.com, Jakarta – Kereta Api (KA) boleh dibilang salah satu alat transportasi yang kehadirannya masih menjadi primadona bagi sebagian masyarakat Indonesia. Rute dan waktu yang jelas merupakan beberapa faktor mengapa KA masih banyak peminatnya.

Apalagi beberapa tahun belakangan ini pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) rajin berbenah diri. Fasilitas-fasilitas yang sudah dibenahi saat ini pun benar-benar memberikan kenyamanan bagi para penumpang.

Akan tetapi dengan bertambahnya fasilitas dan kenyamanan yang diberikan, harga tiket pun juga meningkat untuk setiap kali perjalanan. Meski begitu, dengan sedikit usaha kamu pun masih bisa kok, menikmati kenyamanan fasilitas KA dengan harga yang jauh lebih murah. Nggak percaya?

Dilansir dari Brilio.net (06/01/2018), berikut 3 tips perjalanan hemat naik kereta

  1. Jakarta-Bandung.

Untuk perjalanan Jakarta-Bandung, pihak PT KAI sebenarnya sudah mempunyai jadwal dan rutenya sendiri. Namun untuk sekali perjalanan harga tiket yang ditawarkan cukup mahal, yaitu mulai dari Rp 70.000 hingga mencapai Rp 125.000.

Nah, untuk menghemat pengeluaran, kamu bisa mencoba jalur alternatif dengan menggunakan kereta komuter yang kemudian disambung kereta ekonomi.

Buat kamu yang ditinggal di daerah Jakarta Selatan, cukup membayar ongkos komuter Rp 5.000 kamu bisa naik komuter dari kebayoran menuju Stasiun Cikarang dengan dua kali transit kereta di Stasiun Tanah Abang dan Manggarai. Kemudian dilanjut menggunakan kereta ekonomi Walahar, jurusan Purwakarta dengan biaya Rp 6.000 saja.

Setelah sampai di Stasiun Purwakarta, kamu lanjut lagi naik kereta ekonomi Cibatuan menuju Bandung. Ongkos kereta ini cuma Rp 8.000.

Jika ditotal jalur alternatif kereta ini hanya mengeluarkan ongkos sebesar Rp 19.000 saja. Murah banget kan? Nah, apalagi buat kamu yang tinggalnya di Jakarta Utara, jadi nggak perlu naik komuter lagi, karena kereta ekonomi Walahar ini berangkat langsung dari Stasiun Tanjung Priok. Jadi total ongkos yang dikeluarin pun hanya Rp 14.000.

“KA Walahar Ekspress memulai perjalanan dari stasiun Tanjung Priok. Sedangkan tiket perjalanan bisa dibeli langsung di stasiun Tanjung Priok, Kemayoran, Tambun dan stasiun-stasiun berikutnya yang menjadi perhentian KA lokal tersebut. Begitu pula untuk KA Cibatuan yang memulai perjalanan dari stasiun Purwakarta hingga Cibatu, melewati Bandung.”

  1. Semarang-Cilacap.

Buat kamu yang mau pergi ke Cilacap dari arah Semarang, jangan khawatir dengan biaya travel yang cukup menguras kantong hingga menyentuh harga Rp 130.000 sampai Rp 140.000. Kereta api bisa jadi solusi hemat buat kamu yang pastinya nggak bikin kantong kering. Pasalnya pada tahun 2017 kemarin PT KAI membuka rute baru Solo-Jogja-Cilacap seiring meningkatnya permintaan penumpang untuk rute Solo-Cilacap.

Dari arah Semarang kamu bisa naik kereta api Kalijaga di Stasiun Poncol menuju Stasiun Balapan Solo dengan tarif Rp 10.000. Lanjut di Stasiun Balapan Solo, naik kereta Wijayakusuma dengan rute Solo-Cilacap senilai Rp 70.000. Total keseluruhan biaya hanya mencapai Rp 80.000 saja. Lumayan menghemat bagi kamu yang mempunyai low budget, kan?

“Rute baru ini memanfaatkan kereta ekonomi premium yang baru selesai dirakit jelang Lebaran lalu (2017) dengan kapasitas 80 penumpang per kereta.”

  1. Jogja-Semarang.

Dari Jogja ke Semarang sebenarnya dapat ditempuh menggunakan kendaraan mobil atau motor dengan estimasi waktu sekamur 3 jam lebih. Itu pun kalau jalanan lalu lintas yang dilalui lancar dan tidak macet.

Untuk menghemat waktu dan tenaga dari Jogja menuju Semarang kamu bisa menggunakan kereta api. Namun sebelum ke Semarang, kamu harus berkunjung ke Solo terlebih dahulu karena rute kereta Jogja-Semarang tidak tersedia.

Dari Stasiun Tugu Jogja, kamu bisa naik kereta Prameks tujuan Stasiun Balapan Solo seharga Rp 8.000. Kemudian sampai di Stasiun Balapan Solo kamu bisa membeli tiket kereta api Kalijaga dengan tujuan Stasiun Poncol di Semarang dengan tarif sebesar Rp 10.000 saja.

Namun perlu diperhatikan juga ya, keberangkatan kereta Solo-Semarang hanya satu kali jalan pada pukul 05.00 WIB dan untuk kereta Semarang-Solo juga hanya satu kali jalan, yaitu sekamur jam setengah sembilan pagi.

Cukup dengan modal Rp 18.000 saja, kamu sudah bisa mengunjungi Semarang tanpa macet dan rasa lelah.

Jika dibandingkan menggunakan travel dan bus yang masing-masing mengeluarkan biaya sebesar Rp 85.000 dan Rp 35.000, tentu naik kereta api sangat membantu mengurangi budget. Seperti yang dikatakan Nurmalita dalam blognya nurmalitarh.blogspot.com, “Padahal biasanya untuk menempuh perjalanan ke Jogja membutuhkan biaya Rp 85.000 dengan kira-kira 5 jam perjalanan. Namun dengan menggunakan kereta, kamu hanya mengeluarkan Rp 18.000 dengan total hampir 5 jam perjalanan. Murah banget kan?”

Tuh, udah dapet pencerahan kan? Selamat piknik. (Uli)

%d blogger menyukai ini: