Terobosan Baru, Kelurahan Paku Jaya Lakukan Pelayanan Keliling ke Rumah Warga

www.indolinear.com

Indolinear.com, Tangsel – Kelurahan Paku Jaya, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memiliki program Pelayanan Keliling. Program ini merupakan terobosan yang dilakukan Paku Jaya.

Menurut Sekertaris Lurah Paku Jaya, Astari, Pelayanan Keliling atau yang sering disebut jemput bola merupakan pelayanan langsung yang menyentuh masyarakat.

“Tujuan dari program ini adalah untuk melayani masyarakat langsung ke bawah.  Dimana kami mendatangi salah satu rumah warga yang menjadi perwakilan RW untuk langsung melakukan pelayanan yang dibutuhkan masyarakat,” jelas Astari di Kantor Kelurahan Paku Jaya pada Rabu, 26 Juli 2017.

Dia mengungkapkan bahwa pelayanan ini sekaligus untuk pendataan yang bertujuan menata administrasi. Seperti mendata masyarakat yang belum memiliki KTP, KK, AKTA, dan dokumen kependudukan lainnya.

“Namun bukan hanya itu saja, kita bisa langsung melihat keadaan masyarakat. Kita meninjau apa saja keluhan masyarakat, apakah ada yang sakit atau tidak, ini sekaligus kegiatan sosial,” beber Astari.

Menurut Astari, pihaknya melakukan program ini karena sering menemukan kendala. Biasanya masyarakat cenderung malas untuk mengurus administrasi kependudukan langsung ke kantor Kelurahan.

“Biasanya dengan berbagai alasan, seperti jarak yang jauh, tidak memiliki kendaraan, tidak ada yang antar, atau kendala lainnya. Makanya kami mencoba untuk mencari solusi melalui pelayanan ini dengan langsung mendatangi mereka,” ungkapnya.

Setelah dilakukan, ternyata antusias masyarakat cukup tinggi.  Satu kali pelayanan di rumah RW saja sudah lebih dari 50 warga yang datang padahal biasanya yang datang ke kantor kelurahan untuk mengurus administrasi kependudukan hanya 20 orang setiap harinya.

Program ini berlaku setiap hari Senin-Kamis selama jam kantor berlangsung. Untuk jadwal kelilingnya, pihak Kelurahan menyerahkan kepada Ketua RW yang telah mengumpulkan warganya.

Sementara, Sekertaris Camat Serpong Utara, Sutang Supriyanto mengatakan bahwa Kelurahan Paku Jaya menjadi kelurahan percontohan untuk pelayanan yang ada di Kota Tangsel.

“Karena terobosan yang sudah dilakukan oleh Paku Jaya, yaitu pelayanan keliling jemput bola kepada masyarakat, yang dijadwalkan di setiap RW,” kata Sutang.

Menurutnya ini merupakan terobosan yang memang perlu ditiru oleh Kelurahan lainnya. Kedepan, seluruh kelurahan di Serpong Utara akan melakukan terobosan tersebut.

Menurut Ketua RW 022, Jamhari, pelayanan ini sangat bagus. Masyarakat sangat respon dengan pelayanan ini.  Karena pada intinya masyarakat malas ke kantor Kelurahan untuk mengurus administrasi kependudukan.

“Jika pelayanan lebih dekat ke masyarakat setidaknya masyarakat akan bertanya dan ingin menambah kekurangan administrasinya,” beber Jamhari.

Dirinya menyampaikan kepada warga ada pelayanan keliling melalui komunikasi baik di pengajian maupun paguyuban. Ataupun melalui pengeras suara.  Sehingga masyarakat banyak yang langsung mendatangi rumah RW untuk mendapatkan pelayanan keliling. (Adv)