Smoke Hood Lele Asap Berasal Dari Binong Tangerang

kabar6com/indolinear.com
Senin, 10 September 2018

Indolinear.com, Kab. Tangerang – Sangat kreatif kegiatan yang dilakukan tiga pemuda asal Binong, Kabupaten Tangerang. Merintis usaha rumahan lele asap yang dijual online, kini telah membuahkan hasil yang manis.

Anjar, salah seorang pengusaha lele asap menyebutkan, untuk memulai usaha apalagi dengan beberapa orang teman merupakan sebuah tantangan.

Namun berkat kekompakan serta visi misi yang solid, ketiganya berhasil memulai usaha lele asap di Jalan Keong Ronyok no.114 RT 001/03 Binong, Kabupaten Tangerang.

“Ya, itu berkat kesadaran kami bertiga, ingin memiliki usaha yang bisa dikenal khalayak luas dengan penghasilan yang dapat membangun ekonomi kami demi masa depan yang lebih cerah,” tegas Anjar sambil ngasapin ikan pari dan lele yang telah dibersihkan, dilansir dari Kabar6.com (09/09/2018).

Kata Anjar, mereka juga telah menyiapkan tiga petak kolam untuk menampung lele hasil belanja yang belum sempat di bersihkan.

Dalam pengolahan lele asap, Kiki menuturkan, mereka bertiga dengan gesit mengambil lele dan membersihkannya. Setelah itu dicuci kemudian direndam dengan larutan garam selama satu jam.

“Setelah direndam, dibilas dengan air bersih lalu tiriskan atau dijemur selama satu jam untuk mengurangi kadar airnya. Setelah itu lakukan pengasapan selama 2 hingga 3 jam,” papar Kiki.

Lele dan Pari yang diasapkan menggunakan alat pengasapan selama beberapa jam tersebut kemudian di biarkan terkena angin selama beberapa saat. “Kemudian kita lakukan pengemasan dengan brand Smoke Hood,” terang Kiki.

Dalam hal pemasarannya, Usin menambahkan, kalau mereka lebih focus kepada penjualan door to door serta penjualan online.

“Awal-awal sih kita cuma nawarin ke teman dan tetangga. Sekarang kita fokuskan ke penjualan online seperti instagram dan lainnya. Selama melakukan penjualan online, omset dari penjualan smoke hood menanjak drastis dengan pelanggan yang kebanyakan dari luar daerah,” terang Usin.(Uli)

%d blogger menyukai ini: