Singapura Dinobatkan Jadi Negara Paling Aman di Dunia

kompascom/indolinear.com
Minggu, 27 Mei 2018

Indolinear.com, Singapura – “The Lion City” dinobatkan sebagai negara paling aman. Berdasarkan laporan yang dirilis oleh World Justice Project (WJR) 2018, Singapura merupakan negara paling damai di dunia. Posisi kedua ditempati Swedia, kemudian diikuti Norwegia, Hong Kong dan China, Denmark, dan Finlandia.

Sementara, Jepang berada di urutan ke-8 dunia. Laporan ini mengukur persepsi penduduk tentang ketertiban dan keamanan dengan mengacu pada prevalensi kejahatan umum, termasuk pembunuhan, penculikan, perampokan dan pencurian, perampokan bersenjata dan pemerasan.

Indeks juga mengukur apakah warga dilindungi secara efektif dari konflik bersenjata dan terorisme, apakah warga menggunakan intimidasi atau kekerasan untuk menyelesaikan sengketa atau mencari ganti rugi dari pemerintah, dan apakah penduduk bebas dari kekerasan massa.

Melansir Kompas.com, Minggu (27/5), Menurut survei, orang-orang di Singapura merasa paling aman dan merasakan bagaimana negara memiliki ketertiban dan kedamaian dibandingkan dengan negara regional lainnya. Di Asia, Singapura menempati urutan teratas, diikuti oleh Jepang. Masyarakat “Negeri Matahari Terbit” itu menganggap negara mereka relatif aman dalam hal konflik sipil dan pengendalian kejahatan yang efektif. Sementara, Korea Selatan (peringkat 22 dunia) menempati peringkat ketiga di Asia.

Meskipun ketegangan dengan Korea Utara telah mengganggu perdamaian, namun rakyat Korsel di dalam negeri menganggap negara mereka bebas dari intimidasi dan kekerasan massa, seperti terorisme.

China (peringkat 28 dunia) berada di peringkat ke-4 di Asia diikuti oleh Mongolia, Malaysia, Vietnam dan Indonesia masing-masing peringkat 39, 41, 42 dan 49 di dunia. Sementara, masyarakat di Sri Lanka (peringkat 59 dunia) menganggap negara itu rentan terhadap ketegangan etnis serta krisis sosial berikutnya. Di posisi 113, Pakistan menduduki peringkat negara paling tidak aman di dunia. (Gie)

 

 

%d blogger menyukai ini: