Pokdarwis Tangsel, Sadarkan Wisata di Tangsel

sophie/indolinear.com
Senin, 18 Desember 2017

Indolinear.com, Tangsel – Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany telah resmi mengkukuhkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tangsel di Soll Marina Hotel, Serpong Utara, Tangsel pada Jumat, 15 Desember 2017.

Walikota Airin menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus Pokdarwis Tangsel yang baru saja dikukuhkan.  Pengukuhan pada dasarnya adalah pemberian amanah atau kepercayaan.

“Setiap amanah tentunya mengandung konsekuensi pertanggung jawaban. Saya yakin seluruh anggota Pokdarwis mampu mengemban amanah dan mempertanggungjawabkan tugas yang diberikan,” kata Airin.

Kota Tangsel memiliki struktur ekonomi sebagaimana ciri khas sebuah wilayah perkotaan. Struktur ekonominya didominasi oleh sektor tersier meliputi perdagangan, jasa, restoran, perhotelan, komunikasi, perbankan dan sejenisnya.

“Maka kita harus mengoptimalkan potensi yang ada, dalam hal ini yaitu sektor tersier yang dapat digali dan dikembangkan melalui pariwisata. Saat ini Tangsel menjadi tempat tujuan investasi di bidang pariwisata seperti hotel, pusat belanja, dan MICE,” jelasnya.

Airin mengharapkan dengan dikukuhkannya Pokdarwis dapat memperkenalkan, melestarikan, dan memanfaatkan potensi daya tarik wisata di masing-masing daerah.

“Anggota pokdarwis bisa menjadi sebagai penggerak sadar wisata sapta pesona di lingkungan wilayah destinasi. Anggota Pokdarwis ini sebagai mitra pemerintah dalam upaya perwujudan dan pembangunam sadar wisata daerah,” terangnya.

Sementara menurut Kepala Dinas Pariwisata Kota Tangsel Judianto, Pokdarwis Tangsel akan dipercaya menjadi martir-martir pariwisata di Kota Tangsel.

“Sebelum orang lain yang sadar akan pariwisata Tangsel, anggota Pokdarwis yang lebih sadar dahulu. Juga menularkan Sapta Pesona pada masyarakat,” kata Judianto.

Menurutnya, Pokdarwis Tangsel harus bisa membangun basis pariwisata yang baru maupun mengembangkan wilayah yang sudah ada. Pokdarwis bersama dengan Pemkot berjalan bersama memajukan Pariwisata di Tangsel.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Eneng Nur Cahyati, mengatakan semangat juang para Pokdarwis yang hadir menunjukan betapa niat mulia dan dedikasi persiapkan membangun pariwisata Banten khususnya Tangsel.

“Kota Tangsel kota MICE, pusat kuliner, dan belanja. Karena wisata alam dan lainnya belum terangkat. Pariwisata menjadi sektor unggulan, karena Pemerintah Pusat menetapkan sudah empat tahun ini sampai 2018 masuk dalam sektor prioritas,” katanya.

Pariwisata adalah sektor yang paling murah, mudah, cepat dan mensejahterakan kalau kita mengerti mengelola potensi yang ada di wilayah kita.  Apakah alam, budaya, ekonomi kreatif, dan edukasi.  (sophie)

%d blogger menyukai ini: