Petugas Sita 200 Kg Kertas Contekan Ujian Sekolah di India

kompascom/indolinear.com
Jumat, 25 Mei 2018

Indolinear.com, Vanthali – Saat mengikuti ujian sekolah, ada murid yang memilih jujur dalam mengerjakan soal ujian, namun tak jarang mengambil jalan pintas dengan mencontek.

Gujarat Secondary dan Higher Secondary Education Board (GSHEB) di India menyita 200 kilogram kertas contekan dari sekolah di kota Vanthali, Junagadh, selama ujian kelas XII IPA pada pekan kedua Maret lalu.

Dilansir dari Kompas.com, Kamis (24/5/2018), pejabat GSHEB menggunakan 20 karung untuk menempatkan contekan dari para murid. Contekan tersebut kebanyakan berupa fotokopi jawaban dengan ukuran sangat kecil. Fakta ini terungkap pada sidang komite pemeriksaan dewan pendidikan Gujarat yang digelar Rabu (23/5/2018).

Komite memutuskan untuk memanggil koordinator dan pengawas ujian, serta siswa yang terlibat. “Kami memanggil 15 siswa yang diduga melakukan kecurangan dan kami juga akan memanggil semua pengawas dan koordinator pusat pada 31 Mei mendatang,” kata NC Shah, wakil ketua dewan pengawas.

BS Kella, pejabat dinas pendidikan setempat membenarkan kejadian itu. “Ketika kami sampai di sana pada 14 Maret, saat ujian berlangsung, kami menemukan jalan tertutup dengan kertas putih kecil,” ucapnya. “Kertas itu tidak lain hanyalah materi salinan yang dijatuhkan oleh siswa,” imbuhnya.

Selama ujian, timnya mulai menggeledah murid dan menemukan sekitar 15 siswa memiliki salinan contekan. “Kami mulai mengumpulkan bahan-bahan fotokopi dari para murid atau yang ditemukan oleh pejabat dewan. Kami telah mengumpulkan 200 kg kertas contekan,” kata Kella. (Gie)

 

 

%d blogger menyukai ini: