Persiapan Asian Para Games NPC Menyeleksi Atlet Balap Sepeda

kompascom/indolinear.com
Jumat, 29 Desember 2017

Indolinear.com, Solo – Belasan atlet National Paralympic Committee (NPC) Indonesia cabang olahraga balap sepeda mengikuti seleksi nasional untuk persiapan pesta olahraga tingkat Asia atau Asian Para Games (APG) III 2018 di Jakarta dan Palembang.

Para atlet balap sepeda berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, seperti Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Jawa Barat (Jabar) mengikuti seleksi nasional di Velodrome Kompleks Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah.

“Kami baru mau membentuk tim dengan menyeleksi atlet yang kami miliki itu nanti dikategori nomor apa saja. Untuk mencari komposisi itu kami adakan seleksi nasional ini,” ujar Koordinator Balap Sepeda NPC Indonesia, Fadilah Umar, ketika ditemui Kompas.con di sela-sela seleksi di Velodrome Kompleks Stadion Manahan Solo.

Melalui seleksi nasional itu, lanjut Umar, pihaknya bisa menyusun nomor apa saja yang dipertandingan dalam ajang olahraga tingkat Asia.

“Sehingga kami nanti bisa sesuaikan kira-kira yang wajib harus ditandingkan kita enggak ada, wajib harus itu. Tapi kalau kita punya atlet itu, di situ belum masuk, kami akan upayakan untuk bisa ditandingkan,” tambahnya.

Atlet NPC yang mengikuti seleksi nasional berasal dari berbagai nomor maupun kelas. Ada kelas sepeda standar normal, kelas blend (atlet tunanetra atau low vision), dan kelas hand.

“Seleksi kami laksanakan sejak kemarin dan hari ini merupakan yang terakhir. Ada 19 atlet balap sepeda yang mengikuti seleksi nasional. Hasilnya akan kami analisis, kita siap main pada nomor apa,” tuturnya.

Umar mengungkapkan, bahwa keikutsertaan atlet balap sepeda dalam olahraga tingkat Asia merupakan pertama kalinya, sehingga dia berharap para atlet balap sepeda bisa mencuri star (juara) dalam ajang Asian Para Games 2018.

“Kemarin di Malaysia sudah partisipasi walaupun belum berhasil tapi tahun ini kita tuan rumah coba kita siapkan dengan sebaik-baiknya,” bebernya.

Salah seorang atlet balap sepeda asal Kalimantan Selatan, Syaiful Anwar, mengaku baru pertama kali mengikuti seleksi nasional. Meski demikian, Syaiful berharap bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

“Harapannya bisa memberikan yang terbaik bagi Indonesia. Karena Indonesia juga menjadi tuan rumah (Asian Para Games) 2018,” ucap Syaiful. (Uli)

%d blogger menyukai ini: