Perpustakaan Jelupang Juara 1 Terbaik Lomba Perpustakaan Kelurahan se-Banten

sophie/indolinear.com
Jumat, 11 Mei 2018

Indolinear.com, Tangsel – Perpustakaan Jelupang mewakili Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meraih juara 1 terbaik Lomba Perpusatakaan Kelurahan tingkat Provinsi dan akan mewakili Banten ke tingkat Nasional.

Menurut Kepala Bidang Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Tangsel Hayati Nur, juara ini berkat dukungan dari Persatuan Pensiun Bank Indonesia (PPBI), Bank BCA, dan masyarakat khususnya Organisasi Pemuda Berkarya RW 06 (OPERA06) karena telah berkontribusi memajukan Perpustakaan Jelupang.

“Tidak hanya pemerintah saja yang berperan, tapi peran serta swasta, dan masyarakat dapat saling mendukung dalam peningkatan minat baca. Harapan kami Perpustakaan Kelurahan Jelupang bisa menjadi yang terbaik di tingkat Nasional, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat melalui membaca,” ungkap Hayati.

Menurutnya, peran serta masyarakat dan pihak swasta dinilai penting, sehingga tidak hanya mengandalkan pemerintah saja, namun peran serta swasta dan masyarakat dapat saling mendukung dalam peningkatan minat baca.

Sebelumnya, menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Tangsel Dadang Raharja, ini merupakan kegiatan Pemerintah Provinsi Banten. Setiap tahunnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten selalu melaksanakan kegiatan ini.

“Di Tangsel tahun ini kita usulkan Kelurahan Jelupang, karena tahun 2017 pernah menjadi juara 3 dalam ajang yang sama.Kelurahan Jelupang dianggap paling siap dibanding Kelurahan lain untuk mengikuti lomba ini,” kata Dadang.

Disini sudah disiapkan beragam fasilitas.  Mulai dati Pojok Baca, Buku lebih dari 1000 pcs, internet, televisi dan lainnya termasuk Motor Pintar yang sering digunakan sebagai perpustakaan keliling.

Perpustakaan ini merupakan perpustakaan umum yang bisa dikunjungi oleh siapa pun, tidak terbatas oleh wilayah. Bagi yang ingin meminjamnya akan dilayani oleh bagian administrasi. Diharapkan perpustakaan kelurahan ini bisa dimaksimalkan oleh masyarakat.

Sementara, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengucapkan atas nama pemerintah kota pihaknya sangat mendukung kegiatan lomba perpustakan tingkat provinsi Banten ini.

“Saya berharap kegiatan tahunan ini akan dapat meningkatkan semangat Dinas Perpustakan dan Arsip Daerah untuk terus berkiprah mencerdaskan masyarakat dengan minat baca bagi anak maupun orang dewasa,” ungkapnya.

Lanjut Airin, kita semua perlu untuk terus mengembangkan perpustakaan. Ada beberapa fungsi penting dari perpustakaan yang menjadi alasan mengapa perpustakaan perlu dikembangkan dan dipelihara.

Perpustakaan merupakan tempat pendidikan, tempat pelestarian nilai-nilai budaya,       tempat penelitian dan tempat rekreasi.

“Pemerintah Kota Tangsel terus berupaya untuk membangun dan mengembangkan perpustakaan yang representatif, yang disamping dalam rangka menyediakan tempat untuk pelaksanaan empat fungsi diatas, juga akan menjadi penanda bahwa Kota Tangsel merupakan kota yang sadar dan peduli dengan eksistensi dan kemajuan dunia perpustakaan,” ungkapnya.(sopy)

%d blogger menyukai ini: