Perbatasan Irak-Iran Kembali Diguncang Gempa Bumi

kompascom/indolinear.com
Sabtu, 13 Januari 2018

Indolinear.com – Gempa Bumi kembali mengguncang perbatasan Iran dengan Irak. Serangkaian gempa berkekuatan sekitar 5 skala Richter terjadi kawasan perbatasan kedua negara.

Tercatat ada enam kali gempa bumi menggetarkan tanah di perbatasan, mengguncang Baghdad dan sejumlah wilayah pedesaan di Irak.

Dilansir dari Kompas.com data Survei Geologi AS (USGS) menunjukkan lima gempa terjadi di dekat kota Mandali di Irak, diikuti satu kali guncangan gempa yang terjadi di kota Mehran, barat Iran.

Jarak antara masing-masing gempa terjadi berselang kurang dari satu jam, dimulai pada pukul 07.00 GMT.

Stasiun televisi pemerintah Iran melaporkan orang-orang berlarian keluar rumah menuju jalan-jalan saat gempa mengguncang.

Data USGS juga menunjukkan pusat gempa berada di kedalaman sekitar 10 kilometer berkekuatan 5,1 skala Richter pada pertama, diikuti gempa lain berkekuatan antara 5 hingga 5,6 skala Richter.

Agensi berita Iran (ISNA) melaporkan setidaknya lima korban mengalami luka berada di provinsi Kermanshah, dan televisi pemerintah melaporkan tidak ada kerusakan besar.

Koresponden AFP mengatakan guncangan juga dirasakan di Irak dan Kurdistan yang berbatasan dengan Iran.

Iran berada di atas beberapa garis patahan dan telah dilanda serangkaian gempa bumi dalam beberapa pekan terakhir.

Sebelumnya pada 12 November 2017, sebuah gempa besar berkekuatan 7,3 skala Richter mengguncang area pegunungan perbatasan Iran-Irak dan menewaskan 620 orang di Kermanshah dan delapan di Irak. (Gie)

 

%d blogger menyukai ini: