Penumpang Arus Balik Pelabuhan Merak Masih Relatif Tinggi

antaranewscom/indolinear.com
Kamis, 4 Januari 2018

Indolinear.com, Cilegon – Penumpang arus balik liburan Natal dan Tahun Baru yang melalui Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, hendak menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung, tercatat masih tinggi.

Berdasarkan data PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, sejak Selasa (2/1) pukul 20.00 WIB sampai Rabu pukul 08.00 WIB, jumlah penumpang tercatat 23.224 orang yang terdiri atas pejalan kaki sebanyak 6.958 orang dan di atas kendaraan 16.266 orang.

Sedangkan, jumlah kendaraan roda dua sebanyak 742 unit, bus 188 unit, truk 471 unit, dan roda empat 2.629 unit.

“Kami menilai jumlah penumpang arus balik Natal dan Tahun Baru itu masih cukup tinggi,” kata Manajer Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Ado Warsono saat dihubungi di Merak.

Menurut dia, saat ini penyeberangan Merak-Bakauheni berjalan lancar sehingga tidak terjadi penumpukan penumpang maupun antrean kendaraan.

PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak juga mengoperasikan kapal “roll on roll of” atau roro sebanyak 32 armada dengan penyeberangan pulang pergi sebanyak 120 trip.

Selain itu, juga memaksimalkan enam dermaga agar kendaraan yang tiba di dermaga bisa langsung diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni.

Di samping itu, juga kegiatan bongkar muat dipercepat dari semula setiap 60 menit menjadi 30 menit.

Selama ini, kata dia, arus balik Natal dan Tahun Baru berlangsung lancar meski terjadi kepadatan penumpang dan kendaraan.

Para penumpang arus balik belum semua pulang dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera karena masih liburan sekolah.

“Kami memprediksi puncak arus balik akan terjadi lagi pada Sabtu (6/1) karena pekan depan sudah memasuki sekolah,” katanya. (Gie)

 

 

%d blogger menyukai ini: