Penampilan Wayang Kulit Pukau Penonton di Rusia

solotrustcom/indolinear.com
Jumat, 1 Juni 2018

Indolinear.com – Pementasan Wayang kulit lengkap dengan gamelan ‘live’ menampilkan duet dalang kondang Ki Anom Suroto dan Ki Bayu Aji, plus aksi dalang cilik Pramariza Fadlansyah dan Rafi Ramadhan untuk pertama kalinya tampil di dua tempat di Rusia.

“Penampilan wayang oleh para dalang itu di gedung teater terkenal dan di sekolah di Rusia, mampu “membius” para penonton warga setempat,” kata Sekretaris Pertama Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, seperti dikutip dari Aktual.com, Kamis (31/5).

Bahkan seorang gadis semester terakhir dari Moscow State University bernama Eliza mendekai Ki Bayu usai pertunjukan dan menyatakan keinginannya belajar menjadi dalang, kata Enjay Diana.

Sementara seorang guru seni warga Rusia lainnya mengatakan dirinya akan datang ke KBRI Moskow untuk belajar gamelan dan ingin membeli seperangkat gamelan dari Indonesia. Sebagai bentuk apresiasi, Ki Bayu memberikan wayang dan gunungan kepada kedua warga Rusia tersebut.

Rangkaian diplomasi budaya diadakan KBRI Moskow di tiga kota di Rusia, yaitu di Saint Petersburg yang digelar di Gedung Pusat Kebudayaan Troitsky pada 15 Mei, Tchaikovsky Moscow State Conservatory, Moskow pada 19 Mei dan Sekolah Gimnasium No.18, Distrik Korolyov.

Kepala Bidang Kebudayaan Distrik Nevsky, St. Petersburg, Marina Borisovna menyambut pagelaran budaya Indonesia di St.Petersburg dan berharap dapat berkunjung ke Indonesia guna mengetahui budayanya. (Gie)

%d blogger menyukai ini: