Pemkab Kobar Adakan Kerja Sama Dengan Kantor Perwakilan BI

Sindonewscom/indolinear.com
Jumat, 20 April 2018

Indolinear.com, Kotawaringin Barat – Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng telah melakukan penandatanganan Naskah Kesepahaman Pengembangan Ekonomi Daerah dengan Kantor Perwakilan BI Kalteng di aula Hotel Patra Jasa Pangkalan Bun. Mewakili Pemkab, Wakil Bupati (Wabup) Kobar, Ahmadi Riansyah bersama sejumlah kepala dinas hadir dalam penandatangan ini.

Kegiatan ini juga sekaligus Sosialisasi Pengembangan Investasi dan Pembiayaan Usaha Peternakan yang digelar Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kobar. “Integrasi sawit-sapi merupakan program unggulan Kobar. Butuh pembiayaan dari perbankan untuk mengembangkan potensi tersebut,” ujar orang nomor dua di Kobar ini dihadapan peserta sosialisasi.

Untuk itu, lanjut Ahmadi, butuh peran serta perbankan untuk mengembangkan derah disegala sektor. Terutama investasi di bidang pertanian dalam arti luas dan peternakan. “Pascapenandatanganan kerja sama dengan BI Kalteng diharapkan investasi di Kobar bisa maksimal. Sebab banyak pelaku usaha di Kobar yang butuh suntikan dana untuk pengembangan usahanya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Tengah, Wuryanto mengatakan, dibutuhkan kerja sama dengan perbankan untuk pengembangan daerah. Sebab sudah menjadi tugas perbankan untuk memberikan kredit bagi pelaku usaha yang ingin maju.

Selama ini anggaran daerah sangat terbatas dan tidak akan bisa maksimal memajukan daerah. “Pelaku usaha di Kobar harus didukung dengan modal yang memadai. Nanti malam kita akan kumpulkan kepala kantor bank di Kobar saya pertemukan dengan pelaku usaha, dari situlah kita dapat menyimpulkan berapa besar kebutuhan dana mereka,” ujar Wuryanto dikutip dari Sindonews.com, Kamis (19/4/2018).

Dia berharap, perbankan bisa membantu kebutuhan dana untuk pelaku usaha supaya perekonomian di Kobar semakin meningkat dan pemerintah daerah juga akan melihat kesuksesan warganya. “Bank itu juga uangnya masyarakat, jadi harus dikembalikan kepada masyarakat dengan memberikan kucuran kredit ke pelaku usaha. Harapan kami perbankan di Kobar selalu support kepada pelaku usaha menengah ke bawah yang membutuhkan kucuran dana,” pungkasnya. (Gie)

%d blogger menyukai ini: