Pembangunan Dua Jembatan Di Kota Tangerang Terus Diawasi

kabar6com/indolinear.com
Senin, 8 Januari 2018

Indolinear.com, Kota Tangerang – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus mengawasi pembangunan dua jembatan yang menghubungkan sisi barat dan timur Kali Cisadane. Proyek Jembatan Teuku Umar dan Dadang Suprapto tersebut menggunakan sistem kontrak proyek multiyears atau tahun jamak.

“Mudah-mudahan bisa segera beroperasi, mengingat pentingnya keberadaan kedua jembatan tersebut bagi mobilitas masyarakat,” ujar Walikota Tangerang Arief R Wismansyah saat mengecek progres pembangunan Jembatan Teuku Umar.

Keberadaan dua jembatan tersebut menurutnya sangat vital bagi kelancaran transportasi masyarakat. Selain itu juga bisa menjadi landmark baru bagi Kota Tangerang seperti halnya keberadaan Jembatan Dadang Suprapto yang berada di Gerendeng akan menghubungkan Jalan Dadang Suprapto dengan Jalan Benteng Makasar Sukarasa.

Selain berfungsi untuk mengurai kemacetan, nantinya juga akan dilengkapi dengan pedestrian dan nanti ada beberapa bagian yang transparan dipasangi kaca dilengkapi dengan ornamen atau ukiran yang menggambarkan identitas Kota Tangerang.

Sebagai informasi, pembangunan dua jembatan tersebut dibiayai oleh APBD Kota Tangerang yang bersumber dari bantuan Provinsi Banten. Total biaya mencapai Rp57,4 miliar, dengan spesifikasi untuk Jembatan Dadang Suprapto panjang 115 meter, lebar 11 meter, sedangkan Jembatan Teuku Umar panjang 100 meter dan lebar 10 meter.

Dalam kesempatan tersebut Arief juga mengecek kondisi jalan di sekitar dua jembatan tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa geometri jalan di sekitar jembatan cukup memadai bila dibebani oleh kendaraan dengan volume padat seperti saat ini.

“Ada beberapa geometri jalan yang perlu diperbaiki sehingga bisa memperlancar lalu lintas. Seperti di ujung Jalan Teuku Umar yang menuju Jalan Perintis Kemerdekaan,” paparnya. (Uli)

%d blogger menyukai ini: