Pemakaman Ini Punya Layanan Drive Thru Buat Peziarah

dreamcoid/indolinear.com
Rabu, 13 September 2017
Unik | Uploader romauli

Indolinear.com, Jepang – Di Jepang, ada bisnis yang unik dan nyentrik di bidang pemakaman. Operator rumah duka di Perfektur Nagano, Jepang, memberlakukan layanan unik bagi tamu yang ingin di pemakaman.

Layaknya sebuah rumah restoran cepat saji, pengelola makan ini memberikan layanan drive thru bagi para pengunjungnya.

Seperti apa layanannya?

Dilansir dari Dream.co.id (11/09/2017, sebuah operator pemakaman di Jepang, Kankon Sousai Aichi Group, di Nagano, Jepang, menyebut layanan ini pertama kalinya di Jepang dan akan dirilis di Nagano pada Desember ini.

Layaknya servis drive thru di restoran, tamu pemakaman membuka kaca mobil, lalu membubuhkan tanda tangan kehadiran di layar panel elektronik dan memberikan donasi uang duka cita.

Dengan cara ini, penyelenggara pemakaman dan keluarga almarhum bisa memonitor jumlah tamu yang hadir.

Layanan unik ini ditawarkan oleh salah satu operator pemakaman di Jepang.

Pimpinan Kankon Sousai Aichi Group, Masao Ogiawara, berkata kepada The Japan Times bahwa layanan ini bertujuan untuk memudahkan orang tua dan penyandang disabilitas untuk menghadiri pemakaman.

Dia mengatakan upacara pemakaman dilakukan pada siang hari atau sore hari.

“ Layanan ini bisa menghemat seperempat atau seperlima dari waktu yang dibutuhkan untuk menghadiri pemakaman biasa,” kata Ogiwara.

Mereka yang sibuk bekerja, bisa menghadiri upacara pemakaman tanpa khawatir dengan ketentuan berpakaian hitam atau waktu.

Ogiwara mengatakan pemakaman adalah bisnis yang besar di Jepang dan permintaan pemakaman yang sederhana menjadi lebih tinggi seiring dengan tingginya angka kematian di Jepang.

Berdasarkan National Institute of Population and Social Security Research, angka kematian di Jepang diprediksi mencapai 1,43 juta jiwa pada 2020 dan meningkat menjadi 1,53 juta jiwa pada 2025.

“ Saya sudah lama berbisnis di sini dan melihat betapa memberatkannya orang tua dan pengguna kursi roda untuk menghadiri pemakaman. Layanan baru ini akan memungkinkan orang-orang yang tinggal di rumah untuk pergi keluar dan mengucapkan selamat tinggal untuk teman dan keluarganya,” kata dia. (Uli)