Libur Lebaran, Dinkes Tangsel Siapkan Tenaga Kesehatan Selama 24 Jam

sopy/indolinear.com
Rabu, 20 Juni 2018

Indolinear.com, Tangsel – Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mensiagakan ratusan dokter umum dan spesialis juga perawat disertai ambulan di lima posko lebaran, rumah sakit dan puskesmas yang tersebar di setiap titik wilayah Kota Tangsel selama 24 jam.

Kesiapsiagaan dokter selama 24 jam non stop ini dilakukan hingga sepekan paska hari Raya Idul Fitri. Sejak sepekan sebelum hari raya Idul Fitri, Dinas Kesehatan Tangsel menempatkan satu dokter umum dan dua perawat disertai ambulan ditiap posko guna memberikan pelayanan kepada masyarakat Tangsel.

Selain menempatkan dokter siaga di tiap posko lebaran, dokter umum dan spesialis juga perawat juga ambulan disiagakan di 29 puskasmas dan rumah sakit.

Penempatan dokter jaga selama 25 jam ini disiagakan hingga sepekan paska hari Raya Idul Fitri bahkan bidan yang bertugas di Puskesmas pun turut disiagakan guna melayani masyarakat yang butuh pertolobgan medis saat Hari Raya Idul Fitri.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Suhara Manullang menjelaskan, ratusan dokter umum secara bergantian ditempatkan di tiap posko, sementara untuk  pelayanan tumah sakit, dokter spesialis dan poli disiagakan dengan cara on call jika dibutuhkan tindakan medis yang mendesak.

Kesiapsiagaan dokter 24 jam diwilayah Tangsel selama 2 pekan ini juga dilaksanakan di tiap-tiap rumah sakit swasta guna memberikan pelayanan medis kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dinas Kesehatan Kota Tangsel membuat Posko Lebaran saat musim mudik seperti tahun-tahun sebelumnya. Untuk meminimalisir potensi kecelakaan serta masalah kesehatan lainnya.

Menurut Una Rahmadona, Kabid Pelayanan Kesehatan, adanya Posko Lebaran Dinas Kesehatan Tangsel ini bertujuan untuk terselenggaranya pengendalian penyakit dan faktor resiko kesehatan pada arus mudik untuk menurunkan kesakitan, kecacatan dan kematian akibat kecelakaan.

“Titik Posko Lebaran berada di Mall WTC, Perempatan Muncul, Pamulang Square, Fly over Ciputat dan Indika Bintaro. Masing-masing Posko dengan 2 paramedis dan 1 sopir ambulan. Mobil Ambulan lengkap dengan obat-obatan,” ungkapnya.

Jadwal jaga posko lebaran tahun ini mulai dari 8 Juni hingga 23 Juni 2018 yang dibagi menjadi 2 hingga 3 shift. Posko ini juga berfungsi untuk mengatasi kesulitas akses pemudik terhadap pelayanan kesehatan.

“Untuk UGD, rawat inap dan persalinan di  Puskesmas Tangsel tetap buka 24 jam. Sedangkan untuk rawat jalan beroperasional sesuai dengan libur nasional. Dokter akan standby di Puskesmas Rawat Inap,” jelasnya.(Sopy)

%d blogger menyukai ini: