Kesra Setda Tangsel Gelar FGD Remodeling Pelayanan Era Terkini JKN

sopy/indolinear.com
Rabu, 8 Agustus 2018

Indolinear.com, Tangsel – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel), melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Tangsel menggelar Focus Group Discussion (FGD) Remodeling Pelayanan Kesehatan Era Terkini Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), di Restoran Telaga Seafood BSD, Kecamatan Serpong Utara, pada Rabu 8 Agustus 2018.

Kegiatan yang berlangsung sejak pagi hari tersebut, dihadiri puluhan peserta dari perwakilan Puskesmas dan sejumlah Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial (Kesos) dari Kecamatan Serpong, Serpong Utara, dan Setu.

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteeraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Tangsel Edi Wahyu menjelaskan, maksud dari kegiatan tersebut merupakan langkah untuk memetakan pola jaminan kesehatan yang berjalan selama ini khususnya di Kota Tangsel.

Sementara untuk tujuan dari kegiatan itu, yakni diperolehnya formulasi kebijakan integrasi program JKN dalam menuju pencapaian Universal Health 0% N Coverage, khususnya dari sisi manajemen pengelolaan, paket manfaat maupun penerima bantuan, yang dapat diimplementasikan dalam kerangka desentralisasi.

“Mudah – mudahan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan diharapkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat berperan aktif dalam kegiatan ini. Sehingga menghasilkan output dan outcome yang sesuai dengan yang kita harapkan,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Sekda Kota Tangsel Muhammad menuturkan, bahwa pihaknya menyambut baik kegiatan tersebut. Ia pun berharap kegiatan yang sudah berlangsung ini dapat terlaksana dengan baik dan mencapai hasil yang positif, yakni kaitannya dengan bagaimana membangun persamaan persepsi perihal kebijakan, pengelolaan dan kesiapan fasilitas program JKN.

“Sistem jaminan sosial yang telah diluncurlan oleh pemerintah pusat, merupakan bagian dari komitmen pemerintahan untuk menjamin seluruh rakyat indonesia dapat memenuhi dasar secara layak,” tuturnya.

Selain itu, terang Muhammad, pihaknya kerap kali mendengar keinginan dan harapan masyarakat untuk mendapatkan perlindungan atas resiko ekonomi. Baik karena sakit, kecelakaan kerja, memasuki hari tua dan pensiun. Oleh sebab itu, melalui sistem JKN ini, harapan masyarakat dapat terwujud.

“Insyaallah keinginan dan harapan rakyat dapat dipenuhi secara menyeluruh, atau sekarang disebut Universal Health Coverage (UHC). Karena UHC sendiri merupakan sistem kesehatan yang memastikan setiap warga didalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, dan rehabilitatif yang bermutu juga biaya terjangkau,” pungkasnya. (Sopy)

%d blogger menyukai ini: