Jember Diguncang Gempa Tektonik Berkekuatan 4,2 SR

Aktualcom/indolinear.com
Selasa, 24 April 2018

Indolinear.com, Jember – Gempa bumi tektonik dengan kekuatan 4,2 skala richter (SR) mengguncang Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada Senin pukul 10.23 WIB.

Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangkates Musripan mengatakan analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan 4,2 SR dengan pusat gempa di laut pada koordinat 8.65 LS – 113.62 BT, jaraknya 52 km barat daya Jember dengan kedalaman 10 km.

“Sebagian wilayah Jember diguncang gempa bumi tektonik, namun gempa tersebut tidak berpotensi terjadi tsunami,” katanya dikutip Beritajakartaid, Senin (23/4/2018).

Berdasarkan pada peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan dampak gempa bumi menimbulkan guncangan pada I-II skala intensitas gempa bumi (SIG) BMKG atau II – III MMI di wilayah Kecamatan Puger dan kawasan Tegalboto, Kabupaten Jember.

Menurutnya laporan yang diterima Stasiun Geofisika Karangkates menyebutkan di daerah tersebut yakni Kecamatan Puger dan kawasan Tegalboto di Kecamatan Sumbersari dirasakan guncangan gempa bumi oleh beberapa orang.

“Hingga saat ini belum ada laporan lebih lanjut mengenai dampak gempa bumi dan jika ditinjau dari lokasi pusat gempanya, maka gempa bumi itu diakibatkan oleh aktivitas subduksi,” tuturnya. (Gie)

%d blogger menyukai ini: